KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Fadlilah Fadlilah, Arwin Achmad, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


The objective of the research was to know the relationship between class management and learning interest toward the students.  This study design was quantitative description with correlation approach. The samples were the students’ Biology learning result at all SMA at Gadingrejo subdistrict of grade X and XI, chosen by purposive sampling technique. The class management and learning interest data were taken from the questionnaire dan interview, while the learning product data was taken from the block test twice time. The data analysis used simple correlation (Bivariate Pearson) and double correlation. The research result showed that there was a correlation between class management with learning product with the correlation grade 0.639 that was categorized as strong, there was a correlation between learning interest with learning product with the correlation grade 0.724 that was categorized as strong, there was a correlation between class management and learning interest with the learning product with the correlation grade 0.78 that was categorized as strong.  

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara manajemen kelas dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian siswa SMA se-Kecamatan Gadingrejo kelas X dan XI dipilih secara purposive sampling. Data manajemen kelas dan minat belajar diambil dari angket, dan wawancara, sedangkan data hasil belajar diambil dari tes yang diberikan selama dua kali uji blok. Data dianalisis menggunakan korelasi sederhana (bivariate pearson) dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar dengan angka korelasi 0.639 yang berkategori kuat, ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar dengan angka korelasi 0.724 yang berkategori kuat, ada hubungan antara manajemen kelas dan minat belajar dengan hasil belajar dengan korelasi 0.78 yang berkategori kuat.

Kata kunci :  hasil belajar, manajemen kelas, minat belajar


Full Text:

PDF

References


Adang, A. 2009. Kontribusi Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran : Studi Deskriptif Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecematan Cihideung Kota Tasik Malaya Provinsi Jawa Barat. (tesis). Bandung: Universitas Pendididikan Indonesia.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hall, G. E., R. Quinn, dan P. Gollnick. 2008. Mengajar dengan Senang. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Hasibuan , J. J., Ibrahim, dan Toenlioe. 1994. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Jaelani, A. F. 2006. Membuka Pintu Rezeki. Jakarta. Gema Insani. Http://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Ycxgz8yvdjqc&Printsec=Frontcover#V=Onepage&Q&F=False pada 3 Desemeber 2012 08:46 p.m.

Kholil, M. 2012. Empat Kompetensi Guru Professional. Diakses dari http://halil-pkn.blogspot.com/2012/03/empat-kompetensi-guru-professional.html. 20 Desember 2013 07:15 p.m

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Riau: Zanafa Publishing Dan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Suska Riau.

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surya, H. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta. Alex Media Komputindo. Diakses dari Http://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Zefeeqxqkpgc&Printsec=Frontcover#V=Onepage&Q&F=False pada 1 Januari 2013 22:00 p.m.

Yuliani, E. 2012. Hubungan Minat, Motivasi, dan Cara Belajar fisika siswa Kelas X Semester Genap SMAN 1 Negeri Besar Way Kanan Tahun Pelajaran 2009-2010. (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.