PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Alqoshosh Alastihya Hamid, Darlen Sikumbang, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research was aimed to know the influence of using leaflet with discovery method in improving student learning activity and material mastery. The research design was pretest-posttest non equivalent group. The research samples were VIIA and VIIB was chosen by cluster random sampling. The qualitative data were gotten by student learning activity observation sheet and student responses questionnaire, that were analyzed descriptively. The quantitative data was the test value average, that was analyzed by U-test. The result showed that the learning activity average improved by good criteria (83,33) with each percentage were work in teams (92,16), discussions (82,35), and presenting of discussion (75,49). The material mastery improve with N-gain average score (50,64). The most of student also responded positively to the leaflet with discovery method. Thus, the using of leaflet with discovery method was influenced to improve the student learning activity and material mastery of ecosystem.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai tes yang dianalisis dengan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar meningkat dengan kriteria baik (83,33), dengan persentase masing-masing yaitu bekerjasama dalam kelompok (92,16), melakukan diskusi (82,35), dan mempresentasikan hasil diskusi (75,49). Penguasaan materi meningkat dengan rata-rata N-gain (50,64). Sebagian besar siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok ekosistem. 

Kata kunci :    aktivitas siswa, leaflet, ekosistem, metode discovery, penguasaan materi

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. 2011. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rhieneka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. Jakarta. Diakses dari http://www.depdiknas.co.id pada Minggu, 25 November 2012 11.44 a.m.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Merta, R.T. 2012. Penggunaaan Bahan Ajar Leaflet Dengan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Permatasari, N. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Maket Dengan Metode Discovery Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem.(Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Prawiradilaga, D.S. 2009. Prinsip Disain Pembelajaran. Kencana. Jakarta

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. PT Grafindo Persada. Jakarta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Suyitno, A. 2000. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang. Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.