PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Endah Tri Septiani, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The purpose of this study was to know the influence of using teaching aid leaflet to improve student learning result. This study design was pretest-post test non equivalent group. Samples were VIIIE and VIIID  was chosen by cluster random sampling. This research data the form of quantitative data obtained from the average of pretest, posttest and N-gain score, then that were analyzed using U test and qualitative data obtained  from the observation sheet of learning activities and questionnaire leaflet teaching aid interesting that were analyzed decriptively. The result showed that N-gain average score (59.7). The students learning activity increased by enough criteria (72.7). In addition, most students gave respond positively with used of teaching aid leaflet. Thus, it could be concluded that learning use teaching aid leaflet was influenced significant to improve learning result and activities of students on the material of human movement system.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet  dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah  pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIE dan VIIID  yang dipilih dari populasi secara clusster random  sampling.  Data penelitian  ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain, kemudian dianalisis dengan uji U, dan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-gain (59,7). Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria cukup (72,7). Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa siswa pada materi pokok sistem gerak manusia.

 

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, leaflet, sistem gerak manusia

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. 2011. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arief. 2008. Metode dan Model Dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto.1999. Pembelajaran Ranah Kognitif. Jakarta: Kencana.

Depdiknas, 2006. Pendidikan menurut undang-undang. Jakarta.

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Merta, T. 2012. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Dengan Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Riyanto.2001. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: SIC.

Sardiman. 2003. Aktivitas Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyono, B. 2005. Penyusunan bahan ajar pdf. Jakarta. Diakses dari http//:www.smasewon.com. Pada hari Minggu, 21 April 2013 (13.30 wib).

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.