PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Sri Andriyani Dewi Larasati, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This study aimed to determine the effect of audio-visual media in improving student’s learning activities and material mastery. The study design was a pretest-posttest equivalent group. The sample were XI IPA1 and XI IPA2 class which are  selected by Cluster Random Sampling. The data are quantitative and qualitative form. The quantitative data obtained from the average of pretest, posttest and N-gain that were statistically analyzed using t-test and U test. The qualitative data were description of  learning activities form and students' questionnaire responses. The results showed that the activity of teamwork, answer the question, ask the  questions, and express of ideas were increased. The mastery of students also increased, with the average value of  N-gain was (59.31). So, audio-visual media was given  influence in increasing the activity and material mastery of students of the human respiratory system.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara Cluster Random Sampling. Data penelitian berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U.  Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerja sama, menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mengemukakan ide/pendapat  mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain (59,31). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio-visual berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia.

 

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media audio-visual


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A.2007. Media Pengajaran. Grafindo.Jakarta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Khoerul, E. 2012. Taksonomi Bloom Revisi. http://ekokhoerul. wordpress.com/2012/08/11/taksonomi-bloom-revisi/ pada 6 Desember 2012 pukul 08:35 WIB.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama. Bandung.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia. Jakarta.

Nugroho, J. 2011. Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Kemiriswu 2 Pasuruan. Diakses dari http://library.um.ac.id/ptk/ index.php?mod=detail&id=52548 pada 11 November 2013 pukul 13.16.

Prawiradilaga, D. S. 2009. Penguasaan Disain Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi PenelitianPendidikan. SIC. Surabaya.

Rohani, A. 1997. Pengelolaan Pengajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sanudin, Y. 2007. Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Terhadap Penguasaan Konsep Ekosistem oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung TP.2007/2008 (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sulaeman, A.H. 1998. Media Audio Visual. Gramedia. Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.