PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP
Abstract
This study aimed to determine the effect of audio-visual media to the improvement of students learning activities and concept mastery. The samples of this research were the students of XC as the experimental class and XB as a control class. The quantitative data was obtained from the pretest, postest and N-gain which is statistically analyzed using U-test. The qualitative data in the form of students activities were analyzed descriptively. The result of the research showed that the average of learning activity and concept mastery by the students in experimental class was improved. The students learning activity was improve 6.88%±0,04, the mastery concept of students was improve with average N-gain 51,18%±15,03. It can be concluded that learning through audio-visual media as a media of learning has an effect in improvement of learning activities and concept mastery by the students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XC sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,88%±0,04, penguasaan konsep siswa meningkat dengan rata-rata N-gain 51,18%±15,03. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media audio-visual sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar, media audio-visual, pencemaran lingkungan, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara. Jakarta.
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Djamarah, S. B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Guza, A. 2009. UU Sisdiknas dan UU Guru dan Dosen. Asa Mandiri. Jakarta.
Riyanto. 2001. Pagadigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru / Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Bekualitas. Kencana. Jakarta
Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta
Sanudin, Y. 2007. Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dengan menggunakan Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Terhadap Penguasaan Konsep Ekosistem Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung T.P 2007/2008 (Skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta
Suleiman dan A. Hamzah. 1988. Media Audio-Visual. PT Gramedia. Jakarta
Wardhani, D. V. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Penguasaan Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Oleh Siswa SMP Muhammadiyah Bandar Lampung. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.