EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yurnalis Yurnalis, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect LKS of PBL based to the student critical thinking skills. The study design was a pretest-posttest non-equivalent. The samples in this study were students of class VIID and VIIE randomly selected by random sampling technique clusster. Data of the research were qualitative and quantitative. The qualitative data was gotten by students learning activity, the quantitative data were the average score of test, that was analyzed by t-test and U-test. The result showed that the students learning activity improve with an average of  71,79 which is in good criteria. The students learning outcomes also develop, with N-gain average score was 62,55. Thus, the application of the model PBL influential in improving critical thinking skills by students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKS Berbasis PBL terhadap keterampilan berfikir kritis siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIE yang dipilih secara teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria baik 71,79. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 62,55. Dengan demikian, aplikasi LKS Berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis oleh siswa.

 

Kata kunci : aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, keterampilan berikir kritis,  LKS berbasis problem based learning



 


Full Text:

PDF

References


Aini, S. 2005. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP N 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2004/2005 (skripsi). FKIP UNILA. Bandar Lampung.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: PT. MLC.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi:Konsep, Karakteristik, Dan Implementasi Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Dalam http:// www. academia.edu (5 September 2012 : 21:17 WIB).

Riyanto, Y. 2001.Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.

Sekarwinahayu. 2005. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Supriyadi. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia kelas XI SMA Yayasan Pembina Unila Tahun Pelajaran 2009/2010. FKIP UNILA. Bandar Lampung.

Yulisa, W. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning(PBL)TerhadapKemampuan Berpikir Rasional Siswa Pada Sub Materi Pokok Kerusakan Lingkungan Dan Pelestarian Lingkungan kelas X SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun pelajaran 2011/2012 (skripsi). FKIP UNILA. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.