MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BAHAN LEAFLET MELALUI TIPE STAD

Dian Hermawan, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The lower students activites has effect for result learning. The result learning of scientific in 2011/2012 dispointed. Lower activities and learning result of scientific class VII in MTs Al-Furqon Rawi because of the teacher using learning is not exactly in the process. Therepon it’s needed repairing of learning process able to increase activities and students learning result.The point of scearhing describing increase activities and students learning result of scientific with learning cooperative type STAD. This search students action searching. The application learning style cooperative type STAD using leafleat media the class VII MTs Al-Furqon Rawi. Rate percentation students activities ceach cycles are raising in the cycle I 60%, cycle II raising for about 8,8% to 73,8% and cycle III 8,8% to 82,6%, while students learning result look at rates is signitify step up. In cycle I rate for 62,24, cycle II 67,86 and cycle III is 76,11. There fore this searching has success to increase activities and learning result of students. 

 

Aktivitas siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar IPA siswa pada tahun pelajaran 2011/2012 kurang memuaskan. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada kelas VII di MTs Al-Furqon Rawi rendah dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan menggunakan bahan ajar leaflet yang dilaksanakan di kelas VII MTs Al-Furqon Rawi. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 65,0% siklus II persentase meningkat 8,8% menjadi 73,8% dan pada siklus III persentase meningat 8,8% menjadi 82,6% sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata mengalami kenaikan yang signifikan, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 62,24, pada siklus II 67,86 dan pada siklus III sebesar 76,11, dengan demikian penelitian ini telah berhasil untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci :  aktivitas, bahan ajar leaflet, hasil belajar, pemebelajaraan tipe STAD


Full Text:

PDF

References


Aini, Q. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Universitas Lampung. Lampung.

Depdiknas. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis skolah. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hamalik, O. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara: Jakarta.

Hopkins, D. 1993. A teacher Guide To Classroom Research Open University. Philadelphia.

Memes. 2001. Model Pembelajaran IPA di SMP. Depdiknas. Jakarta.

Setyawan. 2008. Pendidikan Menurut Undang- undang. http://www.depdiknas.go.id (26 Desember 2012, jam 15.00 WIB).

Slavin, RE. 1995. Cooperative Learning : Theory Reseach and Practice. Boston.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.