PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL NHT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Ades Pangestu, Pramudiyanti Pramudiyanti, Afif Bintoro

Abstract


The aims of this study was to know the influence of using practical method with NHT model to the student’s science process skill. This study was a quasi-experimental using pretest-posttest equivalent group design. The samples were VIIE and VIIF class that chosen by purposive sampling. The research data consist of quantitative and qualitative. The quantitative data obtained from the average value of test which analyzed by using t-test and U-test, while the qualitative data obtained from the observation sheet of learning activities and questionnaire responses of student which analyzed descriptively. The results showed that the student’s science process skill was improve with average N-gain 44,07. The student’s learning activities was improve with average 80,99. Thus, it could be concluded that using practical method with NHT model was influnced to improve the student’s science process skills and the student’s learning activities.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum dengan model NHT terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIE dan VIIF yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif  diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U, sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 44,07. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 80,99. Dengan demikian, penggunaan metode praktikum dengan model NHT berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas belajar, keterampilan proses sains, metode praktikum, model NHT


Full Text:

PDF

References


Anggraini, B. 2012. Penerapan Praktikum dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Christina. 2012. Keberkesanan Penggunaan Kaedah Pembelajaran Kooperatif Permainan Panggil Nomor (NHT) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa (Skripsi). Kampus Batu Lintang: Malaysia

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Winatapura, Udin. 1993. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.