PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
The aim of this study was to know the influence of using practical method with Jigsaw learning model to the student’s science process skill. This study was a quasi-experimental using pretest-posttest equivalent group design. Samples were VIIA and VIIG that chosen by cluster random sampling. This research data consisted of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed by using U-test. Qualitative data obtained from the observation sheet of learning activities and student feedback questionnaires were analyzed descriptively. The results showed the student’s science process skill was improve with average N-gain 63,05. The student’s learning activities was also improve with average 88.02. Thus, it could be concluded that using practical method with Jigsaw learning model was influenced significant to improve the student’s science process skills and the student’s learning activities in the characteristics of living creatures subject matter.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIG yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-U. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 63,05. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 88.02. Dengan demikian, penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup.
Kata kunci : aktivitas belajar, keterampilan proses sains, metode praktikum, model pembelajaran jigsaw
Full Text:
PDFReferences
Amri, S, dan Ahmadi, I.K. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Anggraini, B. 2012. Penerapan Praktikum dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Indarti. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Melalui Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d035_0601095_chapter1.pdf (20 Januari 2013: 10.22 WIB).
Julaeha, S. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa pada Konsep Fotosintesis di Kelas VIII (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/operator/upload/s_bio_0700007_chapter2(1).pdf (20 Januari 2013: 10.23 WIB).
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, P.M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/1977/8/T_IPA_1101236_Chapter5.pdf (11 Oktober 2013: 22.45 WIB).
Slavin, R. 1995. Cooperative Learning Theory. Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher.
Subiantoro, A.W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA (Makalah). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.