PERBANDINGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN GALLERY WALK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP

Wartini Okta Rina, Arwin Achmad, Rini rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the student’s mastery of concepts in learning through Two Stay Two Stray (TSTS) model and Gallery Walk (GW) in the subject matter excretion system. The research design was pretest-posttest non-equivalent groups. Samples were students of class XI IPA1 and XI IPA2 randomly selected by cluster  random sampling technique. The quantitative data was N-gain obtained from the average value of pretest and posttest were statistically analyzed using t-test. The qualitative data was obtained from student learning activity. The result of this research proves the activities in express their argument, asking, team work, get improves by N-gain score in TSTS class at 44.51 where as in GW class 36.51. Because of that using a model TSTS gave significant influance in increasing mastery of concept and student learning activity.
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep dalam pembelajaran melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Gallery Walk (GW) pada materi pokok sistem ekskresi. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara acak dengan tekhnik cluster random sampling. Data kuantitatif  berupa N-gain  diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif  berupa data aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerjasama, mengalami peningkatan dengan skor N-gain pada kelas TSTS 44,51 sedangkan  pada kelas GW  sebesar 36,51. Dengan demikian penggunaan model TSTS berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas siswa, gallery walk, penguasaan konsep, sistem eksresi, two stay two stray



Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. Pendukung Proses Pembelajaran. http://repository.upi.edu/ operator/upload/s_bio_033016_chapter1.pdf (19 februari2013) : 16.40 WIB

Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ghufron, M. 2011. Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas VIII E Di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang. http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th detail&id =07110106. (25 november 2012): 20.28 WIB.

Kurniasari, W. 2011. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16348.(28 november 2012): 00.38 WIB

Lie, A. 2007. Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Gramedia. Jakarta.

Masrukhan. 2009. Inovasi Pembelajaran Dengan Pengunaan Media Power Point Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) Di SMA Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2008/2009 (skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Nugraha, C. I. A. 2008. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) Dengan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu (two stay two stray). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. http://www.scribd.com/doc/28145491/ABSTRAK-cevi. (28 November 2012): 00.40 WIB

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Safitri, Y. 2007. Aplikasi Pembelajaran Dengan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Jigsaw Di SMA Al Islam 2 Surakarta (skripsi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sardiman. 2003. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.