PERBANDINGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN GALLERY WALK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep dalam pembelajaran melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Gallery Walk (GW) pada materi pokok sistem ekskresi. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara acak dengan tekhnik cluster random sampling. Data kuantitatif berupa N-gain diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerjasama, mengalami peningkatan dengan skor N-gain pada kelas TSTS 44,51 sedangkan pada kelas GW sebesar 36,51. Dengan demikian penggunaan model TSTS berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa.
Kata kunci : aktivitas siswa, gallery walk, penguasaan konsep, sistem eksresi, two stay two stray
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2011. Pendukung Proses Pembelajaran. http://repository.upi.edu/ operator/upload/s_bio_033016_chapter1.pdf (19 februari2013) : 16.40 WIB
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ghufron, M. 2011. Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas VIII E Di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang. http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th detail&id =07110106. (25 november 2012): 20.28 WIB.
Kurniasari, W. 2011. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16348.(28 november 2012): 00.38 WIB
Lie, A. 2007. Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Gramedia. Jakarta.
Masrukhan. 2009. Inovasi Pembelajaran Dengan Pengunaan Media Power Point Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) Di SMA Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2008/2009 (skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Nugraha, C. I. A. 2008. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) Dengan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu (two stay two stray). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. http://www.scribd.com/doc/28145491/ABSTRAK-cevi. (28 November 2012): 00.40 WIB
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.
Safitri, Y. 2007. Aplikasi Pembelajaran Dengan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Jigsaw Di SMA Al Islam 2 Surakarta (skripsi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sardiman. 2003. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.