PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL STAD DAN JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI

Cicilia Rina Fitriani, Tri Jalmo, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This study was aim to compare of STAD model and Jigsaw of learning activities and mastery of materials the student. This study design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VIIA  and VIIB, chosen by purposive sampling. This research data the form of quantitative which obtained from the average value of test were analyzed by using t-test and U-test and qualitative data which obtained form the observation sheet of learning activities and questionnaire responses of students were analyzed descriptive. The results showed that the use of STAD model and Jigsaw was improve mastery of materials by students, but Jigsaw model (N-gain 68.94) was higher and significantly different than STAD (N-gain 59.17). Learning activities student was also improve with average 82 (Jigsaw) and 73 (STAD). Most students responded positively to use of STAD model and Jigsaw.

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan model STAD dan Jigsaw terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian pretest-posttest kelompok non-equivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIIC, dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model STAD dan Jigsaw dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa, namun penggunaan model Jigsaw (N-gain 68,94) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan STAD (N-gain 59,17). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata 82 (Jigsaw) dan 73 (STAD).  Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model STAD dan Jigsaw.

Kata kunci :  aktivitas belajar, ekosistem, jigsaw, penguasaan materi, STAD

Full Text:

PDF

References


Ainy, C. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pengajaran Matematika di Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Amri dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Undang- Undang Sistem Pendidikan nasional Nomor 20 tahun 2003. http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf. Download: 02 Februari 2013, 05.10 WIB.

Hadjar. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Grasindo. Jakarta.

Hasbullah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi7. Rajawali Pers. Jakarta.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.

OECD. 2004. Learning for tomorrow’s world: First results from PISA 2003. OECD. Paris, France.

_____. 2007. PISA 2006 science competencies for tomorrow’s world. Volume 1. OECD. Paris, France.

Slavin, R. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (Edisi Terjemah). Nusa Media. Bandung.

Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem” (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangcermin Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. FKIP. Jurusan PMIPA. Pendidikan Biologi. Unila. Bandar Lampung.

Tola, B. 2008. Peningkatan mutu pendidikan melalui UN. Makalah yang Disampaikan dalam Diskusi Publik KAHMI”Tantangan Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional”, tanggal 9 Mei 2008.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta.

Yati, E. 2008. Peningkatan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Menggunakan Metode Kooperatif tipe Jigsaw. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan MIPA. Program Studi Pendidikan Biologi. Unila. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.