PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
Abstract
Based on the interviews with biology teachers and observation in the SMP Negeri 8 Bandar Lampung, the learning activities and student mastery of the concept was low. This study aimed to determine the effect of the use of TGT models in learning activities and increase student mastery of the concept. This study design was equivalent to the control group. The sample was class VIIG and VIIE are selected by purposive sampling. Quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest and N-gain were analyzed using t-test or U test Qualitative data in the form of descriptions of students' learning activities. The results showed that the model improved the TGT student mastery of the concept with an average pretest score (47.97); posttest (71.49), and N-gain (0,45). Learning activity also increased by an average of 79.10% good enough. Thus, learning to use the TGT models significantly affect the activity of student.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di SMP Negeri 8 Bandar Lampung, diketahui aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model TGT dalam meningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa. Desain penelitian ini adalah kelompok kontrol ekivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIg dan V11e yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata nilai pretest (47,97); postest (71,49); dan N-gain (0,45). Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 79,10 %. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TGT berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar siswa, model TGT,organisasi kehidupan, penguasaan konsep siswa
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.
Mahmuddin. 2009. Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT).http://mahmuddin.wordpress.com/2009/12/23/strategi-pembelajaran-kooperatif-tipe-teams-games-tournament-tgt/20 November 2010 : 20.11
Medianto, M. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman kognitif siswa pada materi ekosistem. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Sardiman, A. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Yogjakarta.
Tugiarti, 2009. Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Winarti, 2007. Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa pada materi sistem saraf. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.