PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI

Dias Ambarsari, Pramudiyanti Pramudiyanti, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to determine the effect of using cooperatif learning model Snowball Throwing on the activity and the students mastery of the material. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were X1 and X2 selected by cluster random sampling. This data were quantitative and qualitative. Qualitative data in the form of descriptions of activities and students questionare responses. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed using t-test or U test. The results showed that activities discussion, argument, ask the questions, answer the questions, and make inferences were improved. Material mastery of students was also improve with average N-gain 39,35. Thus, it could be concluded that the use Snowball Throwing model give influence in increasing the activity and material mastery of students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen.  Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara cluster random sampling.  Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berdiskusi, berpendapat, bertanya, menjawab pertanyaan, dan membuat kesimpulan mengalami peningkatan. Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 39,35. Dengan demikian,  pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi.

 

Kata kunci: aktivitas siswa, penguasaan materi, snowball throwing


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA. Dalam http://sasterpadu.tripod.com/sas_store/Biologi. Pdf (pada hari senin, 5 November 2012; 11.52 WIB).

Djamarah, S. B. dan Aswan Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Faisal, S. 2012. Taksonomi Bloom Revisi. http://sriadyfaisal.blogspot.com/2012/05/taksonomi-bloom-html (pada hari rabu, 20 Maret 2013; 15.00 WIB).

Hamalik, O. 2004. PendidikanGuru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hanafiah, N dan C. Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Pamungkas, T.N. 2008. Penggunaan Media Audiovisual Dan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Perbaikan Proses Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Xi Ipa 2 SMA Batik I Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008.http://biologi.fkip.uns. ac.id/wpcontent/uploads/2011/07/08.026.penggunaan-media-audiovisual-dan-metode-pembelajaran-snowball-throwing-untuk.pdf (pada hari selasa, 6 November 2012; 11.00 WIB).

Prawiradilaga, D.S. 2009. Prinsip Disain Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Ratmiyati. 2008. Pembelajaran Model Snowball Throwing dan Student Team Achievement Division (STAD) ditinjau dari Sikap Sosial dan Aktivitas Belajar Siswa. http://www.unc.ac.id/?p=282 (pada hari selasa, 6 November 2012; 11.15 WIB).

Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk membantu memecahkan problema belajar dan mengajar. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.

Widodo, S. 2009. Meningkatkan Motivasi Siswa Bertanya melalui Model Snowball Throwing dalam Pelajaran pendidikan Kewarganegaraan. http://ebookbrowse.com/jurnal-model-snowball-throwing-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pdf-d358024630 (pada hari selasa, 6 November 20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.