PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DAN GW TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA

Eli Suryani, Darlen Sikumbang, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the students' mastery of concepts and activities in learning through two stay two stray (TSTS) model and Gallery Walk (GW) in the subject matter respiratory system. Samples were students of class XI IPA1 and XI IPA5 randomly selected by cluster random sampling technique. The quantitative data obtained from the average value of pretest and posttest were statistically analyzed using u-test. The result of this research proves the activities in express their arguement, asking, team work, share the information and persentation get improves by N-gain score in GW class 55.56 where as in TSTS class 39,47. Because of that using a model of learning GW gave significant influance in increasing mastery of concepts and student learning activity.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penguasaan Konsep dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Gallery Walk (GWpada materi pokok sistem pernapasan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA5 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerjasama, bertukar informasi dan persentasi mengalami peningkatan dengan skor N-gain pada kelas GW 55,56 sedangkan pada kelas TSTS 39,47. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran GW berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa

Kata kunci: aktivitas siswa, gallery walk, penguasaan konsep, sistem pernapasan, two stay two stray


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ghufron, M. 2011. Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Kelas VIII E Di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Islam Maulana Malik

Ismail, S.M. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. RaSAIL Media Group. Semarang.

Kurniasari, W. 2011. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16348.(28 november 2011): 00.38 WIB

Lie, A. 2000. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo. Jakarta

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Safitri, Y. 2007. Aplikasi Pembelajaran Dengan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Jigsaw Di SMA Al Islam 2 Surakarta (skripsi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Santoso, R. E. K. 2009. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. http://raseko.blogspot.com. (7 Maret 2012): 21.11 WIB

Zaskia. 2011. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Jakarta. http://izaskia,files.wordpress.com 30 oktober 2011 pukul 16.25 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.