Pengembangan LKPD Bermuatan Budaya Lokal Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA
Abstract
This study aims to determine the validity and practicality of the worksheet containing the local culture of the Tanggai dance on the respiratory system material. This development research uses the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implement, and evaluate. The subject of development research is the user of this product, namely students of class XI MIA 5 at UPT SMA Negeri 10 Palembang City. The instruments used in the study were interview guidelines, validation sheets and questionnaires. The results of the study obtained validation results according to material experts 69.09% (valid), validation according to construct experts 89.09% I (very valid), and according to biology learning practitioners 100% (very valid). Based on the responses of students through a questionnaire, 81.38% (very practic). It can be concluded that the worksheet containing the local culture of the Tanggai dance on the respiratory system material is declared suitable for use because it is valid and practical.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan LKPD muatan budaya lokal tari tanggai pada materi sistem pernapasan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyzis, design, development, implement, and evaluate. Subjek penelitian pengembangan adalah pemakai dari produk ini yaitu peserta didik kelas XI MIA 5 di UPT SMA Negeri 10 Kota Palembang. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah pedoman wawancara, lembar validasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh hasil validasi menurut ahli materi 69,09% (valid), validasi menurut ahli konstruk 89,09% I (sangat valid), dan menurut praktisi pembelajaran biologi 100% (sangat valid). Berdasarkan respon peserta didik melalui angket 81,38% (sangat praktis). Dapat disimpulkan bahwa LKPD muatan budaya lokal tari tanggai pada materi sistem pernapasan dinyatakan layak digunakan karena valid dan praktis.
Kata kunci: budaya lokal, LKPD, Sistem Pernapasan, Tari Tanggai
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Branch, R. M. (2009). Desain instruksional: Pendekatan ADDIE. USA : Springer.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
Gustina. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Content Development System (LCDS) Pada Materi Sistem Pernapasan. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Habibah, S. O. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Lokal Lampung Materi Seni Rupa Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Kelas V SD/MI. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Nengsih, R. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing Pada Siswa Kelas XB MAN 2 Sungai Penuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Biocolony: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Biosains Biocolony, 1(1), 35–41.
Pratama, R. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Pada Materi Kalor Untuk Melatih Pemahaman Konsep Peserta Didik. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Restian, A., Deviana, T., & Saputri, Y. N. E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p85-91
Siahaan, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Prociding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 649–651.
Sobiatin, E., Tibrani, M., Aznam, N., Saputra, A. T., & Fatharani, M. (2020). Integrasi Potensi Lokal Palembang dalam Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Fisika : Seri Konferensi, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012106
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277-286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.
Tibrani, M. M., Zubaidah, S., & Gofur, A. (2015). Eksplorasi Kekayaan Budaya Palembang Sebagai Sumber Belajar Perkuliahan Fisiologi Manusia Berbasis Kearifan Lokal. Proceedings of Seminar Nasional Ke-2 Biologi/IPA Dan Pembelajarannya FMIPA Universitas Negeri Malang, 730.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Jurnal PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.