Analisis Kesulitan Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Secara Daring Pada Materi Sistem Ekskresi di SMAN 2 Pekanbaru

Tasya Reza Purwanto, Mellisa Mellisa

Abstract


This research is descriptive research using a quantitative approach that aims to determine the level of difficulty of learning biology during the Covid-19 pandemic online. The data collection techniques used are observation, questionnaire, interview, and documentation. The population in this study was 100 students from class XI MIPA SMA Negeri 2 which was taken based on proportionate stratified random sampling. Based on the results of the study, it shows that students of high-level academic students have difficulty learning biology in the excretion system material with a high level of learning difficulty of 82.38%. Moderate-level academic students have difficulty learning the material biology of the excretory system with a high level of learning difficulty of 75.12%. And low-level academic students have difficulty learning the material biology of the excretory system with a moderate learning difficulty of 62.04%.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan pembelajaran biologi masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa dari kelas XI MIPA SMA Negeri 2 yang diambil berdasarkan propotionate startified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa akademik tingkat tinggi memiliki kesulitan pembelajaran biologi materi sistem ekskresi dengan tingkat kesulitan pembelajaran yang tinggi sebesar 82,38%. Siswa akademik tingkat sedang memiliki kesulitan pembelajaran biologi materi sistem ekskresi dengan tingkat kesulitan pembelajaran yang tinggi sebesar 75,12%. Dan siswa akademik tingkat rendah memiliki kesulitan pembelajaran biologi materi sistem ekskresi dengan tingkat kesulitan pembelajaran yang sedang sebesar 62,04%. 

Kata kunci: daring, kesulitan belajar, sistem ekskresi

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.26290


Full Text:

PDF

References


Firman.,& Rahman, S.R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.Jurnal of Educational Science (IJES).FKIP Universitas Sulawesi Barat.Vol 02, No 2.Hal 86.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., Sari, M.Z. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan. Universitas Pendidikan Indonesia Dan Universitas Kuningan. Vol. 6, No. 2. ISSN: 2442-7667. Hal 172.

Handarini, O.I & Wulandari, S.S. 2020.Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).Universitas Negeri Surabaya.Volume 8, Nomor 3, 2020. Hal 498-499.

Harahap, F.D.S., & Nasution, M.Y. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Virus di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Medan. Jurnal Pelita Pendidikan. Volume 6, Nomor 2.pISSN : 2338 – 3003. eISSN : 2502 – 3217. Hlm. 72.

Rahmayani., Sinambela, M. & Rosida. 2017. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan. Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Medan. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 5 No. 2.pISSN : 2338 – 3003. eISSN : 2502 – 3217. Hal 64.

Simorangkir, A., & Napitupulu, M.A. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA. Universitas Negeri Medan.Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 8 Nomor 1 (2020).eISSN: 2502-3217 pISSN: 2338-3003. Hal 1-11.

Tambunan, N., & Siagian, I. 2020. Analisis Lingkungan Belajar dan Aktivitas Belajar Daring Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19.Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI.Jakarta.371-382.

Zikra.Alberida., H & Sumarmin., R. 2016. Pengembangan Compact Disc (Cd) Interaktif Materi Sistem Eksresi Pada Manusia Untuk Siswa SMA. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negri Padang.Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. BioCONCETTA Vol.II No.1-2016/ISSN: 2460-8556, E-ISSN: 2502-1737. Hal. 104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.