PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Ahmad Fitrah, Arwin Achmad, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


Based on interviews and observation at VIII grade of SMP Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan showed that the student’s science prosess skill was low. This study aimed to determine the effect of guide inquiry model in increase student’s science process skill. The design pretest-posttest was non-equivalent. The sample were class VIII B and VIII C whice selected by cluster random sampling. Research data obtained from the pretest, posttest, and observation of student activity sheets. Analysis using the t test and U test using SPSS 16 and using student activity classification. Results of this study indicate that students' science process skills in the experimental class had no significant difference compared to the control class (experimental = 68.46; control= 66.06). Thus the use of guided inquiry model of the material structure and function of tissues in plants affect the students skill acquisition process.

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kalas VIII SMPN 1 Merbau Mataram Lampung Selatan diketahui proses pengembangan ketrampilan proses sains masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian ini pretest-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan VIII C yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian yang diperoleh dari pretes, postes, dan lemba robservasi aktivitas siswa. Analisis menggunakan uji t dan uji U dengan menggunakan program SPSS 16 serta mengunakan klasifikasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang tidak signifikan dibanding kelas kontrol (eksperimen= 68,46; kontrol= 66,06). Dengan demikian penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan berpengaruh dalam penguasaan keterampilan proses siswa

Kata kunci : keterampilan proses sains, model inkuiri, struktur dan fungsi tubuh tumbuhan


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Mulyasa. 2003. http:/ifzanul. blogspot. Com /macam-macam-metode-pembelajaran. html ( 22.30 jam)

Purwanto, A., dan E.Sulistiastuti D. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Gava Media : Jakarta

Roestiyah. N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta:Jakarta

Semiawan, C. 1986. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka:Jakarta.

Usman, M.U.2002. Menjadi Guru Profesional. Rosda karya : Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.