Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII Di SMPN 9 Pekanbaru

Annisa Maulidya, Sepita Ferazona, Siti Robiah, Laili Rahmi

Abstract


This study aims to determine student`s perceptions of the implementation of online learning in the Biology Science subject during the Covid-19 pandemic for class VIII at SMPN 9 Pekanbaru. This research is quantitative research. The method used in this study is a survey method. Data collection was carried out by means of observation, interviews, and questionnaires. The sample in this study were 160 students. Based on the results of the study, students’ perceptions of the implementation of online learning in Biology Science subject during the Covid-19 pandemic for class VIII at SMPN 9 Pekanbaru obtained an average score of 80.76% in the good category. The highest sub-indicator, namely opening learning, obtained a percentage of 92.41% in the very good category. Meanwhile, the lowest sub-indicator is giving conclusions with a percentage of 67.34%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA Biologi selama masa pendemi covid-19 kelas VIII di SMPN 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA Biologi selama masa pendemi covid-19 kelas VIII di SMPN 9 Pekanbaru memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,76% berada dalam kategori baik. Pada sub indikator tertinggi yaitu membuka pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,41% berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan sub indikator terendah yaitu memberikan kesimpulan dengan persentase sebesar 67,34%.

Kata kunci: Covid-19, pembelajaran daring, persepsi siswa


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.25328


Full Text:

PDF

References


Apriani, D., et al. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Materi Perubahan Sifat Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmia, 1(1), 781-782.

Arianti .2018. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 120.

Darmadi,H. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161.

Halimahturrafia N, et al. 2021. Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di SMK Al-Inayah Tebo Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4132

Handayani, N, A., Jumadi. 2021. Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 219.

Hidayat, M, N. 2018. Komunikasi Antara Guru- Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Humanivora, 23(1), 27.

Madjid, A. 2019. Kompetensi Profesional Guru : Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang, 1(2), 2.

Mansyur. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). Jurnal El-Giroh, 12(01), 137.

Purniawan, Sumarni W. 2020. Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES: 785.

Rahayu A, Fitri R. 2021. Persepsi Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Journal of Biological Education. 2 (1), 2.

Riduwan. 2016. Dasar- dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sitorus, W, I., Sojanah, J. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 2.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengerahuinya. Jakarta:Rineka

Cipta

Sundari, S, F., Sukmanasa, E., Novita, L., dan Mulyawati, Y. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.

Zuriati S, Briando B. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjung Pinang. Webinar dan Call For Papers Menyongsong Era Merdeka Belajar 2020: 1-14


Refbacks



Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.