Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII Di SMPN 9 Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA Biologi selama masa pendemi covid-19 kelas VIII di SMPN 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA Biologi selama masa pendemi covid-19 kelas VIII di SMPN 9 Pekanbaru memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,76% berada dalam kategori baik. Pada sub indikator tertinggi yaitu membuka pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,41% berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan sub indikator terendah yaitu memberikan kesimpulan dengan persentase sebesar 67,34%.
Kata kunci: Covid-19, pembelajaran daring, persepsi siswa
Full Text:
PDFReferences
Apriani, D., et al. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Materi Perubahan Sifat Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmia, 1(1), 781-782.
Arianti .2018. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 120.
Darmadi,H. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161.
Halimahturrafia N, et al. 2021. Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di SMK Al-Inayah Tebo Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4132
Handayani, N, A., Jumadi. 2021. Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 219.
Hidayat, M, N. 2018. Komunikasi Antara Guru- Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Humanivora, 23(1), 27.
Madjid, A. 2019. Kompetensi Profesional Guru : Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang, 1(2), 2.
Mansyur. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). Jurnal El-Giroh, 12(01), 137.
Purniawan, Sumarni W. 2020. Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES: 785.
Rahayu A, Fitri R. 2021. Persepsi Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Journal of Biological Education. 2 (1), 2.
Riduwan. 2016. Dasar- dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sitorus, W, I., Sojanah, J. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 2.
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengerahuinya. Jakarta:Rineka
Cipta
Sundari, S, F., Sukmanasa, E., Novita, L., dan Mulyawati, Y. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.
Zuriati S, Briando B. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjung Pinang. Webinar dan Call For Papers Menyongsong Era Merdeka Belajar 2020: 1-14
Refbacks
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.