Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran dalam Liveworksheet terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan
Abstract
The research aimed to know the effect of using learning video in liveworksheet towards students’ problem solving ability at SMAN 1 Bandar Lampung on environmental change material for class X of the 2021/2022 academic year. The research design used in this study is the non-equivalent control group design. The research took sample of 72 students consisting of class X MIPA 4 as a control class and X MIPA 5 as an experimental class with purposive sampling technique. Problem solving ability data obtained from pretest-posttest were analyzed using the Independent sample t-test analysis technique. The results showed that at the 0.05 significance level, the Sig. value was obtained. (2-tailed) 0.004 < 0.05. So it can be concluded that there is a significant effect of the use of learning videos in live worksheets towards the problem solving abilities of students on the material of environmental change.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video pembelajaran dalam Liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 1 Bandar Lampung pada materi perubahan lingkungan pada kelas X semester genap tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan teknik analisis Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan video pembelajaran dalam liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, liveworksheet, video pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allo, D. P., Sudia, M., Kadir, K., & Hasnawati, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19-30.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232-240.
Gunawijaya, I. W. T. (2021). E-Learning menjadi Platform Pembelajaran Era Society 5.0. PRAMANA: Jurnal Hasil Penelitian. Vol. 1(1): 89-97.
Haqiqi, A. K., dan Syarifa, S. N. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2): 193-210.
http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
Harefa, D., dan Laia, H. T. 2021. Media Pembelajaran Audio Video terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 7(2): 329-338. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Ionita, F., dan Simatupang, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245-251. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.680
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika . Pedagogy, 6(1): 1-12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat.03(01), 171-187.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Result 2018: Indonesia Volumes I-III. Paris: OECD Publishing.
Paidi, P. (2010). Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel SEMNAS FMIPA UNY. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Pratiwi, G., Pramudiyanti, P., dan Marpaung, R. R. T. (2014). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(9): 1-14.
Pusdatin Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil AKSI 2019. https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/laporan/.
Sujarwanto, E., Hidayat, A., dan Wartono, W. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 65-78. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2903
Sulasamono, B. S. 2012. Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, dan Ragamnya. Satya Widya, 28(2): 156-165. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p155-166
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Ulina, T. W. R., Sikumbang, D., dan Marpaung, R. R. T. (2013). Penggunaan Media Video terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah oleh Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(6): 1-12.
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217-225. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473.
Widyanigrum, A., Wasitohadi, W., dan Rahayu, S. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA di Kelompok 4 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(2): 154-16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.