Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis STEM Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa

Intan Maulidah Salma, Sulifah Aprilya Hariani, Pujiastuti Pujiastuti

Abstract


The low scientific literacy of students in Indonesia is caused by learning activities which have not been oriented to the development of scientific literacy. This study aims to examine how the influence of biology learning at MAN 1 Jember using STEM learning combined with the 5E learning cycle learning model on scientific literacy and learning outcomes. The research design used was Control-Group Post Test Only Design. The data collection technique for the main data is the use of scientific literacy ability tests and student learning outcomes tests with Mann Whitney U Test. There is an effect of the STEM-based learning cycle (5E) learning model on the scientific literacy of class X students of MAN I Jember.

Rendahnya literasi sains pada siswa di Indonesia ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang mana belum terorientasi dengan pengembangan literasi sains. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh pembelajaran biologi khususnya materi Fungi di MAN 1 Jember yang menggunakan pembelajaran STEM yang dipadukan dengan model pembelajaran learning cycle 5e terhadap literasi sains dan hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah Control-Group Post Test Only Design. Adapun teknik pengumpulan data untuk data utama menggunakan tes kemampuan literasi sains dan tes hasil belajar siswa dengan uji Mann Whitney U Test. Hasilnya terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis STEM terhadap literasi sains siswa kelas X MAN I Jember.

 

Kata kunci: hasil belajar, learning cycle 5E, literasi sains, STEM

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v10i2.24465


Keywords


The low scientific literacy of students in Indonesia is caused by learning activities which have not been oriented to the development of scientific literacy. Of course, it is necessary to increase scientific literacy skills. This is because scientific lit

Full Text:

PDF

References


Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills Yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 145-151.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Ananda, Y. Y. T., & Dasna, I. W. (2019). Pembelajaran learning cycle 5E dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Prosiding: Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP).

Djulia, E., Hasruddin, H., Arwita, W., Simatupang, Z., Brata, W. W. W., Sipayung, M., ... & Purnama, D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi. Yayasan Kita Menulis.

Fathonah, I. S., & Sarwi, M. S. (2020). Literasi Zat Gizi Makro Dan Pemecahan Masalahnya. Yogyakarta, Deepublish.

Hayati, I. (2019). Metode Pembelajaran Panduan Penerapan Bagi Guru MTs/SMP. Tangerang, Rumah Belajar Matematika Indonesia.

Herlanti, Y. (2016). Blogquest+: Pemanfaatan media sosial pada pembelajaran sains berbasis isu sosiosaintifik untuk mengembangkan keterampilan berargumentasi dan literasi sains:(Hasil penelitian yang dibukukan). Pendidikan IPA SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Irdani, N. T & Sutikno, T. A. (2013). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kkpi pada siswa SMKN 2 Malang. Tekno. 20: 37-44.

Juheti, J., Nur, S. H., & Hindriana, A. F. (2018). Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 6(1), 20-26.

Khairiyah, N. 2019. Pendekatan Sains, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Bogor, Quepedia.

Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-47.

Leny, H., & Rubini, B. (2020). Sel Volta dengan Pendekatan Stem-Modeling. Bogor, Penerbit Lindan Bestari.

Lufri., Ardi., Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang, IRDH Book Publisher.

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains , Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasioanal Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.

Majir, A. (2020). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Yogyakarta, Deepublish.

Maulidah, E. (2019, April). Character building dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran di era revolusi indutri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Nadia., Suryawati , E., dan Natalina, M. ( 2019). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 21 Pekanbaru. JOM Fkip, 6(1), 1-15.

Nugraheni, D., Suyanto, S., & Harjana, T. (2017). Pengaruh siklus belajar 5e terhadap kemampuan literasi sains pada materi sistem saraf manusia. Pend. Biologi-S1, 6(4), 178-188.

Nuraeni, F. (2020). Aktivitas Desain Rekayasa untuk Pembelajaran Berbasis STEM di Sekolah Dasar. Sumedang, UPI Sumedang Press.

Nurhuda, H., Probosari, R. M., & Prayitno, B. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Kelas X-3 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 215-224).

OECD. (2018). PISA 2018 results in focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Paris, OECD Publishing.

Permanasari, A. (2016). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 23-34).

Putri, N. T., Wangi, N. S. F. A., & Sari, N. S. F. A. (2019). Study literasi penerapan pembelajaran fisika berbasis STEM dalam siklus belajar 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan memecahkan masalah siswa pada pembelajaran fisika. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 103-106).

Putri, N. T., Wangi, N. S. F. A., & Sari, N. S. F. A. (2019). Study literasi penerapan pembelajaran fisika berbasis STEM dalam siklus belajar 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan memecahkan masalah siswa pada pembelajaran fisika. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 103-106).

Saputri, A. D., Medriati, R., & Rohadi, N. (2018). Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi di kelas X MIA 3 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1 April), 7-12.

Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM berbasis HOTS dan Penerapannya. Medan, Yayasan Kita Menulis.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Tania, B., & Murni, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1).

Utama, M. N., Ramadhani, R., Rohmani, S. N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Surakarta. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(2), 57-67.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Urgensi pendidikan STEM terhadap literasi sains mahasiswa calon guru sekolah dasar. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 321-326.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.