PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of the study was know the influence of using audio visual media toward student’s activity and material mastery of students on the subject of human respiratory system. Samples of the study were students of XI IPA1 and XI IPA2 which selected by Cluster Random Sampling technique. Quantitative data obtained from pretest-posttest which statistically analyzed by T-test. Qualitative data obtained which analyze descriptively in form of students’ activity and students' questionnaire responses. The result showed that the activity of express the idea, teamwork, exchane the information, and present the results of the discussion has increased. Mastery of students also increased with the average value of N-gain 55.34. So, it can be concluded that teaching-learning using audio-visual media was influential increased students’ activity and material mastery of students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengemukakan ide, bekerja sama, bertukar informasi dan mempresentasikan hasil diskusi mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain sebesar 55,34. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, media audio visualFull Text:
PDFReferences
Amri, dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Ariansyah. 2009. Penguasaan Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Oleh Siswa Pada Penggunaan Animasi Multimedia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Skripsi. UNILA: Bandar Lampung
Arsyad, A. 1996. Media Pengajaran. Grafindo.Jakarta.
Fadholi, A. 2009. Kelebihan dan Kekurangan TPS.http://ariffadholi.blogspot.com/2009/10/kelebihan-kekurangan-tps.html. (07 April 2013; 11:00 WIB).
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.
Latuheru, J. 1988. Media Pembelajaran (Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini). Depdikbud. Jakarta
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya
Sanjaya, Wina. 2008. Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenada Media Group. Jakarta
Suleiman, A.H. 1979. Media Audio Visual. Gramedia. Jakarta
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.