Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Jember
Abstract
The objectives of the research were to describe the pattern and activities of pocketbook based on mind mapping. This research is a research and development (R&D) series using 4-D model which are define, design, develop, and dissemination. The research data collection was obtained using lift and interviews. Quantitative data were results of the assessment into the form of performances if it uses guidelines for the role of validity and temporary general practice, qualitative data on why criticism, suggestions and comments that have been given by the validator are used to improve grades. The result of assessment analysis experts matter gets a percentage of 81% with very valid, validity and media experts get a percentage of 92% with very valid criteria, result response a teacher get a percentage of 97% with very valid criteria and the student response result got a presentation of 82% with criteria very practical so pocketbook thirst for mind mapping is very valid and practical to be used in learning biology.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan buku saku berbasis mind mapping. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D meliputi define, design, develop, dan dessimination. Pengumpulan data penelitian diperoleh menggunakan angket dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis dengan mengubah hasil penilaian kedalam bentuk persentase selanjutnya dikategorisasikan menggunakan pedoman interpretasi kevalidan dan kepraktisan produk, sementara data kualitatif berupa kritik, saran dan komentar yang telah diberikan oleh validator digunakan untuk memperbaiki produk. Hasil analisis penilaian kevalidan dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 81% dengan kriteria sangat valid, hasil kevalidan dari ahli media memperoleh presentase sebesar 92% dengan kriteria sangat valid, hasil respon guru memperoleh presentase sebesar 97% dengan kriteria sangat valid dan hasil respon siswa memperoleh presentase sebesar 82% dengan kriteria sangat praktis sehingga buku saku berbasis mind mapping sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci: buku saku, mind mapping, sistem reproduksi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Athiyah, Umi. (2018).Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41-46.
Fitria, Annisa Dwi., Muh. Khalifah Mustami., dan Ainul Uyuni Taufiq. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14-28.
Haviz, M. (2013). Dua Sistem Tubuh: Reproduksi dan Endokrin. Jurnal Sainstek, V(2), 153-168.
Irfan, Muhammad dan Syahrani. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Mind Map Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 107-114.
Kumala, Desi Ria. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individual Alization (TAI) Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/6536/1/Skripsi%20Full.pdf.
Laksita, Septiana Vicky., Supurwoko., dan Sri Budiawanti. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dalam Bentuk Pocket Book Pada Materi Alat Optik Serta Suhu dan Kalor Untuk Kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 14-17.
Lestari, Dwi Adis. (2018). Pengembangan Buku Saku Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Prakarya Aspek Pengolahan Materi Pengolahan Serealia dan Umbi Di SMP Negeri 4 Kalasan. Jurnal Pendidikan Tekhnik Boga, 7(5), 1-7.
Lisnawati, M. Khoiru Amri, dan Eka Fitria Ningsih. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Mind Mapping Pada Materi Statistika. Attractive, Innovative Education Journal, 1(1), 53-72.
Masita, Mariana dan Desi Wulandari. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif, 9(1), 75-82.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Satrianingsih, Cici Juni Puput., Sri Haryani., dan Novi Ratna Dewi. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Science Pocket Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Terhadap Sains. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 273-281.
Setiawati, Ely., Hanum Mukti Rahayu., Anandita Eka Setiadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47-57.
Sudjana, Nana. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.