Pengaruh Strategi Pembelajaran STAD Dengan Bantuan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Sistem Ekskresi Manusia

Nelisa Lorenza, Kartika Manalu, Khairuddin Khairuddin

Abstract


This study aims to see the effect of STAD learning strategy on Student Learning Outcomes in the Human Expression System Material in Class VIII MTs TPI Bandar Betsy. This type of research is a Quasi-Experimental Research. The population in this study were all students of class VIII MTs TPI Bandar Betsy consisting of class VIII which was placed 20 students as the experimental class and class VIII B which was designed by 20 students as the control class. The instrument used to collect data was a multiple-choice test consisting of 20 questions. In the research, the data analysis used paired simple t test with the help of SPSS version 22 software. It shows that sig <0.05 with a sig value of 0.00 <0.05 with a t-count value of 51.822 and a t-table of 2.09 in the experimental class. H0 is rejected and Ha is accepted. Then it can be revealed that there is an effect of STAD learning strategy with the help of rotating media on student learning outcomes in the human excretion system in class VIII MTs TPI Bandar Betsy.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Eksresi Manusia Di Kelas VIII MTs TPI Bandar Betsy. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs TPI Bandar Betsy yang terdiri dari kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji uji paired simple t test dengan bantuan software SPSS versi 22. menunjukan bahwa sig < 0,05 dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung 51,822 dan t-tabel 2,09 pada kelas eksperimen H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran STAD dengan bantuan media roda putar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII MTs TPI Bandar Betsy.

Kata kunci: hasil belajar, media roda putar, STAD, strategi pembelajaran

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i3.23375


Full Text:

PDF

References


Kusumawardani Normasintari, dkk, (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Universitas PGRI Semarang, Vol. 2 NO. 2

Nasution Inom, Sri Nurabdiah Pratiwi, Profesi Kependidikan, Depok : Prenadamedia Group. 2017

Ninit Alfianika, Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia, Yogyakarta : CV.Budi Utama, 2018

Nisak Fathonatun, Pengembangan Permainan Question Whell (Roda Pertanyaan) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jamur, Universitas Negeri Surabaya, Vol. 5 No. 3. 2016

Nurlatifah Ade dan Septi Ambarwati, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Vol. 4 No. 2. 2017

Slameto, Strategi Implementasi Berbasis Sekolah (MBS) Dengan Prpfesional, Yogyakarta : CV Penerbit Qiara Media. 2020

Taniredja tukiran, Efi miftah faridli, dan Sri harmianto, Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung : Alfabeta. 2017

Widi Wisudawati Asih, Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta : Bumi aksara. 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.