Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanah Putih Rokan Hilir

Sepita Ferazona, Suryanti Suryanti, Sri Amanah, Siti Robiah, Tengku Idris

Abstract


This study aims to see the Critical Thinking Ability in the Materials of the Respiratory System of Class XI SMAN 1 Tanah Putih Subdistricts. The sample of this study consisted of one class, the determination of the sample by using purposive sampling technique. This type of research is survey research with a qualitative descriptive approach. The data obtained is the students' critical thinking ability. The percentage of gain in SMAN 1 Tanah in Focus indicator gets a percentage of 66% in the high category, the argument indicator gets a percentage of 13.20 with a very low category, the conclusion indicator gets a percentage of 56.56% in the medium category, the situation indicator gets a percentage of 47.1% with the medium category, the follow-up indicator obtained a percentage of 3.85% with a very low category.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Kemampuan Berpikir Kritis pada materi Sistem Pernapasan Siswa Kelas XI SMAN 1 Kecamatan Tanah Putih. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas, penentuan sampel dengan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh ialah  kemampuan berpikir kritis siswa. Persentase perolehan di SMAN 1 tanah pada Indikator fokus memperoleh persentasi 66% dengan katagori tinggi, indikator argumen memperoleh persentasi 13,20 dengan katagori sanagat rendah, indikator kesimpulan memperoleh persentasi 56,56% dengan katagori sedang, indikator situasi memperoleh persentasi 47,1% dengan katagori sedang, indikator tindak lanjut memperoleh persentasi 3,85% dengan katagori sangat rendah.

 

Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran, sistem pernapasan

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i2.23107


Full Text:

PDF

References


Afrianto, F. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri PLUS Provinsi Riau. Skripsi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Amri, S., & Ahmadi I, K. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Ayuningrum, D., & Susilowati. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Protista. Jurnal Pendidikan IPA Unnes. (Nomor 2 Tahun 2015). Hlm. 1-2.

Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Unnes. (Nomor 1 Tahun 2014). Hlm. 1-2.

Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. (Alih Bahasa: Benyamin Hadinata). Jakarta: Erlangga.

Hanafiah, N. & Cucu, S. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Inch, E. S. et al (2006). Critical Thingking and Communication The Use of Reason in Argument. Edisi 5. Wasington.

King, et al. (2000). Higher Order Thinking Skills. Assessment Evaluation Educational Services Program. [Online]. Tersedia: http://www.cala.fsu.edu. [20 Februari 2017].

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sari, N.K. 2014. Sikap Ilmiah dan Metode Imiah. Online. Tersedia di: http://nurii-thaa.blogspot.co.id/2014/03/sikap-ilmiah-dan-metode-ilmiah.html, (Diakses 13 Juli 2016)

Sudjana, N. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suryobroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Stiggins, R. J, (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Merrill, an imprint of Macmillan College Publhing Company

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamalik, U. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyana, Y. dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Tim Desain Grafis.

Anggiasari, T., Saleh, H & Binnar, AAH. 2018. Analisis Ketrampilan Berpikir Siswa SMA Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II. Bioma. Universitas Muhammadiyah Palembang. Volume 7.Nomor 2. Tahun 2018.Hlm. 184-195 (Diunduh 24 September 2019, Pukul 21: 51).

Arini, W., & Fikri, J. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia. STKIP PGRI Lubuk linggau. Volume 10. Nomor 1. Hlm. 1-11 (Diunduh 9 Juni 2020, Pukul 10.50).

Daniati N, dkk. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik kelas VII SMP 2 Padang tentang materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biologi. UNP. (Diunduh 28 JUni 2020).

Daryanto 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, AR. 2018. Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta. Gramedia Widiasiarana Indonesia.

Zaini, M., Kaspul & Amalia R. 2018. Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Pendidikan Biologi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Volume 11. Nomor 1. ISSN: 1693-265X. Hlm.17-22. (Diunduh 6 Oktober 2019, Pukul 17:14).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.