Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Daring
Abstract
This research is correlation research. This study aims to determine the relationship between self-efficacy and motivation to learn biology in class XI SMA Negeri 14 Pekanbaru in the 2020/2021 academic year. The instruments used in data collection are observation, interviews, questionnaires, and documentation. This research was conducted on April 26 to June 3, 2021. The sampling technique in this study used a saturated sampling technique. The number of samples in this study was 180 students. The questionnaire distributed consisted of 30 statements. The results of data analysis correlation coefficient (rcount) of 0,22 with a significant level of 5% has a correlation in the low category. From hypothesis testing, it was obtained tcount (3,0) > ttable (1,66). This means that Ho is rejected, and Ha is accepted. Then from the results of the analysis of the coefficient of determination of the self-efficacy variable (X) it gave a positive contribution to learning motivation (Y) which was obtained by 5% while 95% was determined by other variables or factors that influenced student learning motivation which were not discussed in this study.
Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy terhadap motivasi belajar biologi kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 April sampai dengan 3 Juni 2021. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 180 siswa. Angket yang disebarkan terdiri dari 30 pernyataan. Hasil analisis data koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,22 dengan taraf signifikan 5% memiliki korelasi dalam kategori rendah. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung (3,0) > ttabel (1,66). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dari hasil analisis koefisien determinasi variabel self-efficacy (X) memberikan sumbangan positif terhadap motivasi belajar (Y) yang diperoleh siswa sebesar 5% sedangkan 95% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran biologi, self-efficacy
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, Yunita Dwi dan Muhsin. 2020. Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas, dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9 (1), 243-260. ISSN 1907-3720.
Amir, Z, dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Amir, Hermansyah. 2016. Korelasi pengaruh faktor efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa pendidikan kimia universitas Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol 10.No.4.
Constantia, N. 2019 Hubungan antara efikasi diri dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siwa sma taruna satria pekanbaru. Skripsi Fakultas Psikologi. Univesitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hutagalung, D, D. (2016) Hubungan self efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Matematika. Vol.1 No.1. ISSN: 2548-1819.
Emda, Amna. 2017. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5. No. 2.
Fajarwati, Indah. 2016. Pengaruh Peranan Guru dan Efikasi Diri Siswa Terhadap Minat Belajar Kompetensi Keahlian Pemasaran Siswa Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS. Vol. 10. 2, hal. 233-244. ISSN: 1858-4985.
Fitranty, Adirestuty & Eri Wirandana. 2016. Pengaruh Self Efficacy Guru Dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 3. No.2. ISSN: 2442-9430.
Ghufron M. Nur, & Risnawati R.S. 2017. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hartono, 2015. Statistik untuk Penelitian. Pekanbaru. Zanafa.
Hikmawati, Fenti. 2019. Metode Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Kristiyani, Titik. 2016. Self Regulated Learning. Yogyakarta: Sanata Sharma University Press.
Monika dan Adman. 2017. Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 2 No. 2, Juli 2017, Hal. 219-226. EISSN: 2656-4734.
Nurwendah dan Slamet. 2019. Hubungan Antara Motivasi Diri, Efikasi Diri dan Prestasi Siswa SMA Biologi. Jurnal Fisika.
Novanda. F. B. Dkk. 2018. Hubugan Antara Self Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPA Dalam Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 3 Pontianak Ar-Razi. Jurnal Ilmia. Vol .6 No 2, Agustus 2018. ISSN. 2503-4448.
Pane, Aprida & Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3 (2), 333-352.
Putr, S. W., Suminta, R.R., & Handayani, D. (2017) Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujuan Internasional Pada Siswa. Vol. 1. No. 2
Rahayu, F. 2019. Efektivitas Self Efficacy Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah BK. Vol. 2. No.2. ISSN: 2599-1221
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudijono. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudaryono. 2019. Metodelogi Penelitian. Depok: Rajawali Pers
Sardiman, A. M. 2019. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sagita, N. 2018. Analisis Self Efficacy (Efikasi diri) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Peranap Dalam Pembelajaran Biologi TahunAjaran 2018:2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi. FKIP. Universitas Islam Riau
Siregar, Ilham Khairi dan Sefni Rahma Putri. 2019. Hubungan Self Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Vol. 6. No.2. ISSN: 2338-0608
Suryani, L., Seto, S, B., Goretty, L. (2020) Hubungan Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning Pada Mahasiwa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal kependidikan. E-ISSN: 2442-7667
Uno, Hamzah B. 2019. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Yunanti, Eni. 2016. Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Kelas IX MTSN Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Vol. 7. No. 2. November. ISSN 2442-9805.
Yuliana, Rindi Astika dan Rahma Widyana. 2019. Efikasi diri yang positif sangat berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Humaniora. Vol. 3.No 3.
Zega, Yulisman. 2020. Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Vol. 14. No. 1, April.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.