Pengaruh Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Media Explosion Box Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa

Nadila Husnah, Kartika Manalu, Khairuddin Khairuddin

Abstract


This reserch aims to determine the effect of TGT (Team Games Tounament) learning with the explosion box media on the human excretion system material on student learning outcomes of class XI MA Al-Mukhlishin Batu Bara. This type of research is quasi-experimental or quasi-experimental. The instrument in this study was in the form of an objective test or multiple choice of 20 questions. Data analysis in this study was a paired simple t-test with the help of Statistical Product and Service Solutions (SPSS) software version 22. By looking at the significance value, namely if Sig (2-tailed) <0.05. as for the results found is the sig value. 2-tailed 0.00 <0.05 with a value of t-count> t-table, namely 23.38> 2.01, which means that H0 is rejected, and Ha is accepted. This shows that there is an effect of TGT (team games tournaments) learning with the media explosion box on the human excretion system material on the learning outcomes of students of class XI IPA Ma Al-Mukhlishin Batu Bara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TGT (Team Games Tounament) dengan media explosion box pada materi sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Mukhlishin Batu Bara. jenis penelitian ini kuasi experimen atau eksperimen semu. Instrumen dalam penelitian ini dalam bentuk tes objektif atau pilihan berganda sebanyak 20 soal. Analisis data pada penelitian ini adalah uji paired simple t-test dengan bantuan sofware Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. dengan melihat nilai signifikansinya yaitu jika Sig (2-tailed) < 0,05. adapun hasil yang ditemukan adalah nilai sig. 2-tailed 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 23,38 > 2,01 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran TGT (teams games tournaments) dengan media explosion box pada materi sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Ma Al-Mukhlishin Batu Bara.

 

Kata kunci: hasil belajar, TGT dengan Explosion Box, sistem ekskresi

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i3.23058


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2020. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta : Lajnah Pentasihan Alquran.

Muchtadi. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Konvensional Ditinjau dari Gender Pada Materi Operasi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Informasi dan Sains, 2 (2), 2. DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v2i2.222

Qalbi, Ulfa Nurul,.dkk. (2017). Efektivitas Model Pembelajara Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Botonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 20, (1). 68. DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4882

Rahmah, Fitriya Nur,. dkk. (2019). Level Kognitif Literasi Berbantu Explosion Box Sastra Terhadap Kemampuan Menemukan dan Memahami Konsep Moral Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan 4. (4), 505. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12307

Sinamora, Laili Hajriah., Humaidah Br. Hasibuan., Zulfahmi Lubis. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al-FAJAR Medan Denai, Jurnal Raudhah, 07 (02), 97. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.506

Suherman, Ayi. (2010). Model Pembelajaran Pakem dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 11 (1), 132.

Sulistyo, Eko Budi dan Nani Mediatati. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model Kooperatif TGT (Teams Games Tournaments), JP2, 2 (2), 239. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Syarifuddin.,dkk. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta : Deepublish.

Taniredja, Tukiran,. Efi Miftah Faridli,. dan Sri Harmianto,. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta

Yunus, Nur Wahyuninsih,.dkk. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Model Pembelajaran Konvensional di Kelas XI Mia SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi Pada Materi Pokok Asam Basa), Jurnal Chemica 18 (1), 63.

Wiranti, Ayu Asih. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembalajaran Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas 5. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1), 78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.