Pengembangan Majalah Sains Digital Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Rambipuji
Abstract
This study aims to obtain information on product validation of science literacy-based science magazines in science learning about global warming in class VII and to describe students’ responses to science magazines based on scientific literacy in science learning on the subject of global warming in class VII. This study uses an R&D (Research & Development) development approach with the Hannafin and Peck model which has three learning designs, namely needs analysis (needs assess), design (design), development/ implementation (develop/ implement). The result showed that science literacy-based science magazine teaching materials based on the assessment of material experts met the validation criteria of 95%, media experts met the validation criteria of 86,15%, and student responses stated that they were interesting 87,11%, so that the teaching materials developed met the criteria valid and attractive criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai validasi produk majalah sains berbasis literasi sains dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pemanasan global kelas VII dan mendeskripsikan respon siswa mengenai majalah sains berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA pokok bahasan pemanasan global kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan R&D (Research & Development) yang menggunakan model Hannafin and Peck yang memiliki tiga desain pembelajaran yaitu analisis ebutuhan (needs assess), desain (Design), pengembangan/ Implementasi (Develop/ Implement). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar majalah sains berbasis literasi sains berdasarkan evaluasi ahli materi memenuhi kriteria validasi yaitu sebesar 95%, ahli media memenuhi kriteria validasi sebesar 86,15%, dan respon siswa menyatakan menarik 87,11%, sehingga bahan ajar majalah sains yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan menarik.
Kata kunci: literasi sains, majalah sains, pemanasan global
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, As’ad Syamsul, and Riyanto Riyanto. 2019. “Pengembangan Majalah Anatomi Tumbuhan Sebagai Sumber Informasi Mahasiswa Di IKIP Budi Utomo Malang.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 25(2):34–38. doi: 10.33503/paradigma.v25i2.571.
Bantul, S. M. A. Negeri, Motivation For, Students Grade, X. I. Sma, and Negeri Bantul. 2016. “Pengembangan Majalah Fisika Sebagai Alternatif Sumber Belajar Menumbuhkan Sikap Spiritual Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Development of Physic Magazine As an Alternative Islamic Character Self-Learning Resource for Growing Spiritual Attitude and Lear.” Jurnal Pendidikan Fisika 5(2):98–105.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta.
F. Fatkhriyah. 2014. “Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3(1):140–45.
Global, Pemanasan, Untuk Siswa, and S. M. P. Mts. 2013. “PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERKARAKTER TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA SMP/MTs.” USEJ - Unnes Science Education Journal 2(1):203–8. doi: 10.15294/usej.v2i1.1824.
Muh. Sain Hanafy. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 17(1):66–79. doi: 10.24252/lp.2014v17n1a5.
Khoirul Arief, Meizuvan. 2015. “Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains.” Edusentris 2(2):166. doi: 10.17509/edusentris.v2i2.169.
Martusa, Riki. 2009. “Peranan Environmental Accounting Terhadap Global Warming.” Jurnal Akuntansi 1(2):164–79.
Muhammad, Afandi, and Badarudin. 2011. Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. bandung: alfabeta.
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran. jakarta: gaung persada.
Nurasih, Yoelinda Prilia, Indria Wahyuni, and Suroso Mukti Leksono. 2020. “Pengembangan Majalah Invertebrata Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Pada Subkonsep Invertebrata.” Gagasan Pendidikan Indonesia 1(2):87. doi: 10.30870/gpi.v1i2.9886.
Pratiwi, Nurjannah, Gardjito Gardjito, and Afreni Hamidah. 2018. “Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokokbahasan Protista Kelas X Mia Di Sma N 7 Kota Jambi.” Biodik 3(1):27–34. doi: 10.22437/bio.v3i1.4880.
Savitri, Indy Alda. 2019. “Pengembangan Majalah Elektronik Berbasis Literasi Matematika Untuk Siswa Smp Pkelas VII Skripsi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Sugioyono. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan. bandung: CV. alfabeta.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29. doi: 10.25078/aw.v4i1.927.
Yulianto E., Rohaeti E. 2013. “Pengembangan Majalah Fisika Materi Pokok Fluida Bergerak Sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mandiri Fisika Peserta Didik Kelas XI.” Jurnal Pendidikan Sains Universitas Negeri Semarang 01.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.