Pengembangan e-Modul Bryophyta Dengan Kajian Islam Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Era New Normal

Linda Amalia Saragih, Indayana Tanjung, Efrida Pima Sari Tambunan

Abstract


This study aims to develop additional teaching materials in the form of e-Modul Bryophyta dengan Kajian Islam, as well as to determine the quality of the products developed based on the assessment of several validations, teachers, and students as respondents. The data collection instrument used a questionnaire. Descriptive qualitative and quantitative data analysis. The results of the research obtained indicate that the Bryophyta e-Module with Islamic Studies developed as a whole has the quality Very Fit for use in teaching and learning activities. With the percentage results from material experts of 89.2% with Very Feasible criteria, from media experts of 71.6% with Eligible criteria, from Islamic Religion experts of 82.6% with Very Appropriate criteria and an assessment of the teacher of 82.5% with criteria Very Eligible for use in teaching and learning activities. Meanwhile, the response of students obtained the overall percentage of small and large group tests of 85.2% with very attractive criteria. Thus, it can be concluded that e-Modul Bryophyta dengan Kajian Islam, which was developed with the Borg & Gall model, is feasible and very attractive to be used as teaching material for students in class X MIA in Ma, especially in Bryophyta lessons.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tambahan berupa e-Modul Bryophyta dengan Kajian Islam serta mengetahui kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari beberapa validasi, guru dan peserta didik sebagai responden. Instrumen pengambilan data menggunakan angket. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa e-Modul Bryophyta dengan Kajian Islam yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kualitas Sangat Layak untuk digunakan didalam kegiatan belajar mengajar. Dengan hasil persentase dari ahli materi sebesar 89,2 % dengan kriteria Sangat Layak, dari ahli media sebesar 71,6 % dengan kriteria Layak, dari ahli Agama Islam sebesar 82,6% dengan kriteria Sangat Layak dan penilaian dari guru sebesar 82,5% dengan kriteria Sangat Layak untuk digunakan didalam kegiatan belajar mengajar. Sementara itu, respon peserta didik diperoleh persentase keseluruhan uji kelompok kecil dan kelompok besar sebesar 85,2 % dengan kriteria Sangat Menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-Modul Bryophyta dengan Kajian Islam yang dikembangkan dengan model Borg & Gall, Layak dan Sangat Menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa di kelas X MA, khususnya pada materi Bryophyta.

 

Kata kunci: biologi, e-Modul Bryophyta, pengembangan bahan ajar

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i2.22803


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al Karim

Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media

Buseri, Kamrani. 2015. Epistemologi Islam dan Reformasi Wawasan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Peuradeun. Vol.3 No.(1).

Corrupt Practices Investigation Bureu (CPIB). 2018. Political & Economic Risk Consultancy (PERC) Limited. https://www.cpib.gov.sg/ (diakses tanggal 26 Juli 2020)

Devie Novallyan, Dwi Gusfarenie, Reny Safita. 2020. Pengembangan e-Modul Biologi Umum Berbasis Konstruktivisme Menggunakan 3D Pageflip. Jurnal Kependidikan Betara. Vol.1 No.4. h. 152-162

Farida, Susan Noor. 2016. Hadis-hadis TentangPendidikan. Jurnal Ilmu Hadist.Vol.1 No.(1).

Hamzah, Faiz.2015. Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah.Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No.1.h. 41- 54

Izaak H. Wenno. 2010. Pengembangan Model Modul IPA Berbais Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran Di SMP/Mts. Jurnal : FKIP Universitas Pattimura Ambon Cakrawala Pendidikan. No. 2.h. 178-179

Lasmiyati.2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP.Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 9, Nomor 2, h. 161-174

Lestari, Eka. Dan Abdur Rahman As’ari. A.R. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Soal Cerita Matematika Kontekstual Berbahasa Inggris untuk Siswa Kelas X. Artikel.Malang: Universitas Negeri Malang

Lestari, Purwaning Budi, dkk. 2017. Analisis Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiry di IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal BIOEDUKASI.Vol.10, No.2.h. 1-6

Mulia Diana,dkk. 2018.Modul Pembelajaran Bernuansa Islami Dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal MTK UIN Raden Intan Lampung. Desinal Jurnal, Vol.1 No.1.h.1-2

Sugiyono. 2015. Metode Penelitisan Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

¬¬Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta

Satuan Tugas Penanganan Covid19. 2019. Tanya Jawab Covid-19. https://covid19.go.id/ (diakses tanggal 26 Juli 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.