Generic science skills are important in the learning process because generic science skills is an internal factor that affect learning. This study aims to determine the relationship between generic science skills with student learning outcomes in ecology sub materials. The research method used is a correlation studySampling was done by purposive sampling of 2 classes namely XI MIPA 3 and XI MIPA 4 amount of 58 students. Data collect ion techniques were carried out with a post-test of 25 items in the form of descriptions to measure the ability generic science skills. The analysis data technique used Pearson product moment correlation regression test with α 0,05. The result showed that there was a positive correlation between generic science skills and student learning outcomes in ecology sub materials with a correlation coefficient of 0,496 meaning it had a moderate closeness of the relationship.
Keterampilan generik sains merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran karena keterampilan generik sains salah satu faktor internal yang mempengaruhi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik pada konsep ekologi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak 2 kelas yakni XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 berjumlah 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa post-test sebanyak 25 butir soal berbentuk uraian pada konsep ekologi yang dilakukan sesudah pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi korelasi pearson product moment dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik pada sub konsep ekologi dengan koefisien korelasi sebesar 0,496 artinya memiliki keeratan hubungan yang sedang.
Kata kunci: ekologi, hasil belajar, keterampilan generik sains