Pengembangan Buku Nonteks Biologi SMA Kelas X Berbasis Pengetahuan Etnobotani di Kabupaten Situbondo

Afrida Tul Rofi'ah, Sulifah Aprilya Hariani, Pujiastuti Pujiastuti

Abstract


This study aims to produce non-textbooks based on ethnobotany in Situbondo district as a source of quality student learning with a valid, practical, and effective nature. The research used the Borg and Gall development model which consisted of 5 stages according to research needs. The research subjects were students from two class X MIPA at SMAN 1 Panarukan. Non-text books are validated by material expert validators, development experts, media experts, and linguists. The results of quantitative data analysis that have been validated by the validator with an average book value percentage of 85.75% are included in the eligibility criteria as very valid. The cloze test procedure results obtained an average percentage of 80.3% which is in the easy category. The average result of the N-Gain value is 0.58 which is included in the moderate effectiveness category. Non-text books that have been developed have good quality effectiveness, practicality, and readability to be used in classroom learning activities, especially on Kingdom Plantae material.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku nonteks berbasis etnobotani kabupaten Situbondo sebagai sumber belajar siswa yang berkualitas dan bersiffat valid, praktis, dan efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahapan sesuai kebutuhan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa dari dua kelas X MIPA di SMAN 1 Panarukan. Buku nonteks divalidasi oleh validator ahli materi, ahli pengembangan, ahli media, dan ahli Bahasa. Hasil analisis data kuantitatif yang telah divalidasi oleh validator dengan rata-rata persentase nilai buku 85,75% termasuk ke dalam kriteria kelayakan sangat valid. Hasil uji rumpang atau Cloze Test Procedure diperoleh rata-rata persentase sebesar 80,3% yang termasuk kategori mudah. Hasil rata-rata nilai N-Gain adalah 0,58 yang termasuk kategori efektivitas yang sedang. Buku nonteks yang telah dikembangkan memiliki kualitas efektivitas, kepraktisan, dan keterbacaan yang baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas khususnya pada materi Kingdom Plantae.

 

Kata kunci: Sumber belajar, buku nonteks, etnobotani, validasi

 

 DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v9i2.22319


Full Text:

PDF

References


Afrianto, W. F., Tamnge, F., & Hasanah, L. N. U. R. (2020). Review : A Relation Between Ethnobotany And Bioprospecting Of Edible Flower Butterfly Pea ( Clitoria Ternatea ) In Indonesia. Asian Journal of Ethnobiology, 3(2), 51-61.

Albuquerque, U. P., Ramos, M. A., Junior, W. S. F., & Medeiros, P. M. (2017). Ethnobiology For Beginners. Switzerland: Springer International Edited by.

Arifin, M. Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 2–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3707.

Borolla, F. V., L. Yuliati, dan I. M. Suardana. (2019). Keefektifan dan Minat Baca Siswa pada Penggunaan Buku Pengayaan Non Fiksi di SD. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 4(12), 1715-1722.

Hendrayati, T., Na’im, M., & Umamah, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Sub Pokok Bahasan Kerajaan Majapahit Kelas X Sma Negeri 1 Bangorejo. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–11.

Ilmiawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(3), 102-106.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1-8.

Rusnita, D., Hambali, D. & Winarni, E. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Berbasis Discovery Learning Pada Materi IPA Konsep Perpindahan Panas Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 199–209.

Sulistri, E., Sunarsih, E. & Utama, E. G. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan, 6(3), 522–531.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371-380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043

Pusat Perbukuan. (2018). Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

Rosnawati, V., & Kaharudin, L. ode. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Yang Terdapat Di Wakatobi Pada Materi Pokok Animalia Invertebrata (Mollusca Dan Echinodermata). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 84-94. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12055.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa Sma Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2), 86-92. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.336.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.