Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Gadingrejo
Abstract
This study aims to determine the high-level thinking skills of students of SMA Negeri 1 Gadingrejo class X on environmental change material. The design used in this research is descriptive with a quantitative approach. The research sample was students in class X IPA 1, X IPA 4 and X IPA 5 totaling 104 students who were selected by purposive sampling technique. Higher order thinking skills data with written tests and using the google form format. Higher thinking skills data were analyzed descriptively. The results showed that the higher order thinking skills of students at SMA Negeri 1 Gadingrejo were greatly reduced with an average percentage value of 53.52. So it can be concluded that the analysis of high-level thinking skills is still low with a very low category.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA Negeri 1 Gadingrejo kelas X pada materi perubahan lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 1, X IPA 4 dan X IPA 5 berjumlah 104 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi dilakukan menggunakan format google form. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di SMA Negeri 1 Gadingrejo tergolong kurang sekali dengan rata-rata nilai persen sebesar 53,52. Jadi dapat disimpulkan bahwa analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi masih rendah dengan kategori kurang sekali.
Kata kunci: analisis, perubahan lingkungan, kemampuan berpikir tingkat tinggi
Full Text:
PDFReferences
Aji Syah Halal Rizqom. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya. 7(5). 395-402.
Angraini, Gustia., Sriyati, Siti. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Jurnal of Education Informatic Technology aand Science. 1(1). 114-124.
Annuuru, Tia Agusti., Johan, Riche Cynthia., dan Ali, Mohammad. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Edutcehnologia. 3(2).136-144.
Arikunto. 2013. Evaluasi Program Pendidikan Edisi Kedua. BumiAksara. Jakarta.
Prasetyani, E., Hartono, Y., Susanti, E. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP-UMRAH. 1 (1). 31-40.
Purbaningrum, Kus Andini. 2017. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika. 10(2). 38-45.
Putri, Riri Rahmadai., Ahda Yuni., dan D, Rahmawati. 2018. Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Instrumen Penilaian Materi Protista untuk Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Biodik. 4(1). 8-17.
Saraswati, S.,dan Agustika Sastra. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Daasar. Vol 4 (2). 257-269.
Silitonga, Sari WN. 2018. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI PMIA MAN Tanjung Morawa pada Pembelajaran Sel dengan Model PBL Berbantuan LKS. Jurnal UNM. 2 (1). Hal 361.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Susanti, Asih.,Adisyahputra., dan Miarsyah, Mieke. 2018. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Kemampuan Literasi Sains Guru Biologi SMA. Jurnal Biosfer JPB. 11(1). 1-12.
Yulianis.,Maharani.D.W.,Susanti.S. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Bioconcetta. 5(2). 105-112.
Yuliati Tika dan Martuti Tri. 2015. Efektivitas Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 3(1). 39-47.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.