PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ihsan Hagiantaraga, Darlen Sikumbang, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


Based on observations and interviews with tenth grade biology teacher at SMA Gajah Mada Bandar Lampung, known that the average student learning outcomes was low. Therefore, researcher interested in studying the application of Think Pair Share learning model as an alternative to improve student learning outcomes. Samples were X1 and X2 graders selected by random sampling. Quantitative data obtained from the average value of pretest and posttest were analyzed statistically using U test and N- gain using t-test. Qualitative data analyzed from the learn activities of student descriptively. The results showed that the use of cooperative learning model Think Pair Share improving student learning outcomes significantly with an average N-gain was rerata (0.6). This was supported by increased learning activities of student put forward the idea was moderate (74.5%), cooperates with friends was high (7%), presentations of the results discussions was moderate (75.59%).

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, diketahui rata-rata hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U dan N-gain menggunakan uji t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (0.6). Hal itu didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa mengemukakan pendapat / ide berkriteria cukup (64.28%), bekerjasaama dengan teman berkriteria baik  (72.02%), mempresentasikan hasil diskusi berkriteria baik (75.59%).

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model Think Pair Share (TPS)


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, M. 2012.Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ibrahim, M. R. Fida, M. Nur dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya

Nurhadi. B.Y. dan A.G. Senduk. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Slavin R.E. 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media. Bandung.

Sudrajat, W. 2012.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share) Terhadap Peningkatan Kecakapan Berpikir Rasional Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung

Tim BBE. 2002. Pendidikan Berorientasi Pada Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas Broad Best Education (BBE).Surabaya: SIC.

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.

Wulandari, E. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share) Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pernapasan. FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.