EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Hendry Roris Sianturi, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study was determine the effectivity of the cooperative learning jigsaw type to increase learning result and the learning activities of students in the subject matter of the World Plant. Quantitative data obtained from the average value of pretest and posttest were statistically analyzed using test-t and Mann Whitney-U test. Qualitative data in the form of student activity was obtained by observation and questionnaire responses of student. The results showed that the use of cooperative learning model type jigsaw significant effect in improving learning result of students. The average of learning result was increasing in all indicator, it was seen in the experimental class average N-value gain higher than control class. The average yield of all activities of the students stated that using cooperative learning model jigsaw type in experiment class was higher than using discuss method in control class. Then, the student give positive responses equal toward 88,98% using cooperative learning jigsaw type.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tipe Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Dunia Tumbuhan. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney-U. Data kualitatif adalah data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran tipe Jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan hasil belajar pada semua indikator yang diamati pada rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi pada kelas kontrol. Selanjutnya, 88,98% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw.

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, plantae


Full Text:

PDF

References


Hasim, Mohamad. 2011.Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK antara Kelas yang Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw dengan Kelas yang Menggunakan Tipe STAD. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning.Alfabeta. Bandung.

Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta, Gramedia.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Riyanto. 2001. Metode Penelitian Pendiddikan . Gava Media. Yogyakarta.

Rohman, A. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. LaksBang Mediatama. Yogyakarta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo. Persada. Jakarta.

Suhartono Suparlan. 2008. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Ar Ruzz. Yogyakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.