KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SE-KECAMATAN KEDATON PADA KONTEN BIOLOGI

Rizki Samty, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The purpose of this research was to find out the competence of scientific lieracy of student. The research design was using simple descriptive design, by using purposive sampling technique, as many as 197 students. The quantitative data were scientific literacy competence that was obtained from PISA test and the qualitative data were factors influenced that were obtained from questionnaire.  The result of the research shows that the students’ had very low category with the score 19,6 ± 3,0. The score of female students was 26,0 1,79 significantly different with male student that was 21,2  1,18 and showed the difference but it very not significant. The factors that influence students’ were parents’ education background, home work of students, the learning process including the length of studying science at school, participation in attending lesson and teacher who teaches the course. Thus, scientific literacy competence was “very poor” criteria and there were factors that affected that. Then significantly differences between male and female students competence.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kompetensi literasi sains siswa. Desain penelitian yaitu studi deskriptif, dengan teknik  purposive sampling berjumlah 197 siswa. Data kuantitatif berupa skor kompetensi literasi sains dengan soal  PISA dan data kualitatif berupa faktor yang mempengaruhi dengan menggunakan kuisioner. Dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian kompetensi  literasi sains siswa kriteria “sangat rendah” (19,6 ± 3,0). Aspek yang tertinggi yaitu “menggunakan bukti ilmiah”. Kompetensi literasi sains siswa perempuan (26,0 1,79) berbeda tidak signifikan dengan siswa laki-laki (21,2  1,18). Faktor yang berpengaruh yaitu latar belakang pendidikan orang tua; pemberian PR; proses pembelajaran meliputi lama belajar sains di sekolah, keikutsertaan les dan guru yang mengajar les. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kompetensi literasi sains tergolong “sangat rendah” dan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Perbedaan yang tidak signifikan antara kompetensi laki-laki dan perempuan.

 

Kata Kunci:  faktor, gender, literasi sains, PISA

Full Text:

PDF

References


Adisendjaja, Y. H. 2007. Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasar-kan Literasi Sains. Materi di-presentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Biologi FPMIPA UPI, 25-26 Mei 2008, UPI, Bandung.

Agustina. 2011 Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Bela-jar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecama-tan Tawang Kota Tasikma-laya) Jurnal Penelitian Pendi-dikan 12 (1): 18 (www.academia.edu/11874967/PENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_TERHADAP_PESTASI_BELAJAR.pdf diakses 21 Mei 2016).

Anggraini, G. 2014. Analisis Ke-mampuan Literasi Sains dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Hots–Higher Order Thingking Skills) Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok Pada Konten Biologi. Skripsi. (Online),(repository.upi.edu/ 14708/3/T_PB_1201309_Abstract.pdf, diakses 10 Desember 2016)

Ayunitasari. 2014. Pengaruh Minat Belajar, Perhatian Orang Tua dan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Terhadap Prestasi Be-lajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Kelas XII di SMA Negeri 2 BANTUL. Skripsi.(Online), (http://eprin ts.uny.ac.id/17201/1/ayunitasari%20(10404241013).pdf, diakses 20 Mei 2016).

Darminto. 2012. Pengaruh Intensitas Pemberian Tugas Rumah Ter-hadap Prestasi Belajar Kelas X Peserta Didik Teknik Kendara-an Ringan di SMK Muhamadiyah Prambanan 3 Yogyakarta. Skripsi. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/2872. pdf, diakses 19 Maret 2016)

Depdiknas. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Jakarta : Depdiknas.

Diana, S. 2015. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Instrumen Scienti-fic Literacy Assesment (SLA). Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. (Online), (jurnal. Fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view diakses 10 Maret 2016)

Efendi, U. 2012. Pengaruh penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpi-kir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Analisis di Kelas XI MAN Model Ciwaringin Kabupaten Cirebon).Skripsi. (Online), (ht tp://web.iaincirebon.ac.id/12 7340072_ujang%20herli%20efendi__ok.pdf, diakses 28 Mei 2016)

Fitri, L. 2013. Hubungan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelaja-ran Membuat Busana Wanita Kelas XI Jurusan Tata Busana Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sungai Penuh. Skripsi.(Online), (http://ejourn al.unpac.id/index.php, diakses 20 Mei 2016)

Hasanah. 2012. Bimbingan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas 2 MI AT-TAQWA Ka-langanyar Karanggeneng La-mongan Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi. (Online), (http://digilib.uinsby.ac.id/98 58/4/isi.pdf diakses 19 Maret 2016)

Hastuti, A. 2013. Penerapan Pembe-lajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Moti-vasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 1 (1); 86-97).(Online), (http://digi lib.uinsuka.ac.id/PUSTAKA diakses 26 Mei 2016)

Mariyati. 2012. Pengaruh Intensitas Belajar dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Akuntansi Pada Siswa kelas XI Akuntansi SMK Batik Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/24427/18/02.pdf ,diakses 19 Maret 2016)

Mouidlotul. 2012. Pengaruh Bimbi-ngan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 pada Mata Pelajaran Aqiah Akhlaq di MI AT-TAQWA Kalanganyar Lamongan. Skripsi. (Online), (http://epri nts.walisongo.ac.id/352/2/08111 diakses 13 Mei 2016)

Nuryoto, S. 1998. Perbedaan Prestasi Akademik Antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan Studi di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Psikologi. 25 (2); 16-24).(Online), (http://idr.Iainan tasari.ac.id/1486/ diakses 15 April 2016)

Odja, A. H. Dan C. S Payu. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia. (Online), (http://fmipa.une sa.ac.id diakses pada tanggal 10 Oktober 2015, 12:15 WIB)

OECD. 2007. PISA 2006 science competencies for tomorrow’s world. Volume 1. Paris, France:OECD (Online), (http:// www.oecd.org/dataoecd/1/53/38484866.pdf.diakses 14 No-vember 2015)

OECD. 2014. PISA Result in Focus, What 15 Years Old Know And What They Can Do With What They Know. OECD Publishing (Online), (http://www.oecd.org/pisa/ keyfindings/pisa-2012-re sult-overview.pdf, diakses 11 Oktober 2015)

Pudyastuti, S. 2010. Hubungan Antara Latar Belakang Pen-didikan Guru, Pengalaman Mengajar, Dan Pembelajar dengan Prestasi Belajar SMA Negeri 1 Surakarta. Skripsi. (Online), (https://dglib.uns. ac. id/=/Hubungan-antara-latar-be-lakang-pendidikan diakses 23 Mei 2016)

Putri, A. E. 2014. Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X IPA SMA Terkait dengan Konsep Biologi. Prosiding Mathema-tics and Sciences Forum 2014. (Online), (http://unnesa.ac.id/1 286 diakses pada tanggal 12 November 2015, 14:30 WIB.

Rahayu, S. 2014. Menuju Masyarakat Berliterasi Sains: Harapan dan Tantangan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya 2014. (Online), (http://kimia.um.ac.I d/wp-_Semnas-Kimia-Pembe-laranya.pdf, diakses 20 No-vember 2015)

Rahmiati, E. 2014. Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Se-kota Padang-Sidimpuan. Skripsi, (Online). (http://digilib.unimed.ac.id/4259, diakses 13 Maret 2016)

Ristanti, A. 2013. Hubungan Bimbi-ngan Belajar Swasta Dengan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Pemalang. Skripsi. (Online), (http://lib.unnes.ac. id.pdf, diakses tanggal 10 April 2016)

Sellar ,S. dan ,B. Lingard. 2014. The OECD and the expansion of PISA : new global modes of governance in education (Jour-nal). Britsh Educational Rese-arch Journal. 40, (6): 917-936 (Online),(Online-library.wiley. com/doi/10.1002/berj.3120/pdf, diakses 10 Okto-ber 2015)

Setiawan, A. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2013/2014.Skripsi. (Online), (http://eprints.uny.ac .id /14875.pdf, 20 Maret 2016)

Sukardi. 2003. Metodologi Peneliti-an Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Suwandi, T. 2012. Pengaruh Pem-belajaran Berbasis Masalah Open-ended Terhadap Pening-katan Kemampuan Pemecahan Masalah oleh Siswa. Skripsi. (Online), Universitas Lam-pung. Bandar Lampung.

Zuriyani, E .2013. Literasi Sains dan Pendidikan (Online), (sumsel .kemenag.go.id/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf, diakses 12 Desember 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.