PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SMP SE-KECAMATAN PAGELARAN
Abstract
The purpose of this research was to know the competence of scientific literacy of class IX students. This research design was descriptive which used purposive sampling technique with 34 students. The result were quantitative data that were obtained from the score of PISA 2006 test and analyzed by calculating the average score. The qualitative data were obtained from internal dan exsternal factors that were analyzed by calculating the percentage score. The data analysis showed that students competence of scientific literacy were “very low” with mean score 33,60. The students of public school had higher competence of scientific literacy than students in private school and female students competence of scientific literacy was higher than male students. Internal factor that influenced was students interest to continue their study. External factors that influenced were learning process in the class, science learning facilities, education background of parents, parents guidance at home, and teacher professionalism.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi sains siswa kelas IX SMP se- Kecamatan Pagelaran. Desain penelitian ini ialah deskriptif menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 341 siswa kelas IX. Data kuantitatif diperoleh dari skor uji tes soal PISA 2006 dan dianalisis dengan melakukan perhitungan rerata skor. Data kualitatif berupa faktor internal dan eksternal yang dianalisis dengan menghitung persentase skor. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains siswa termasuk dalam kriteria “sangat rendah” dengan skor rerata 33,60. Siswa sekolah negeri memiliki kompetensi literasi lebih tinggi dibandingkan siswa sekolah swasta dan siswa perempuan memiliki kompetensi literasi lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Faktor internal yang berpengaruh adalah minat siswa untuk melanjutkan sekolah. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah proses pembelajaran guru dikelas, fasilitas pembelajaran IPA, latar belakang pendidikan orang tua, bimbingan orang tua dirumah, dan profesionalisme guru.
Kata kunci : gender, literasi sains, status sekolah
Full Text:
PDFReferences
Alam, D.P., S, Utari dan S, Karim 2015. Rekonstruksi Rancang- an Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sains Melalui Analisis Kesulitan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII pada Topik Gerak Lurus. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015. (Online), (http:// portal.fi .itb .ac.id/snips2015 /files/snips_2015_dyna_purna-ma_alam_f604a54987754e9e155f2d881d1fe.pdf, diakses 19 November 2015).
Arief, M. K. 2015. The Levels Of Inquiry Application In “ Global Warming Theme” Based Science Learning To Improve Critical Thinking Skill. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pe- ngajaran. 2 (2): 167-168. (Online), (http://ejournal.sps. Upi.edu/...../ 89, diakses 9 November 2015)
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dasmo, Nurhayati dan G. Marhento. 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap prestasi belajar IPA. Jurnal Formatif. 2 (1): 132-139. (Online), (http: journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download /94/92, diakses 28 April 2016).
Guswita, L. 2014. Tinjauan Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. (Online), (http:// download. portal garuda .org), diakses 22 Desember 2015)
Hamdu. G dan L. Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1): 81-86. (Online), (http:// jurnal. Uppi. edu/../8-Ghllam_ Hamdu.pdf, diakses 9 Desember 2015).
Herdianti, A. 2013. Deskripsi Literasi Sains Siswa dalam Model Inkuiri pada Materi Laju Reaksi di SMAN 9 Pontianak. Skripsi. (Online), (http://repository.upi.edu/ 2392 /1/S_ BIO_ 0907360_Title.pdf, di- akses 19 0ktober 2015).
Khusna, N.L. 2015. Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Anak. 2 (1): 13-14 (Online), (http://jurnal.Fkip. Unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/8338/5140. html, diakses 27 April 2016).
Nursa’ada, F.P. 2014. Pengaruh Metode Pembeljaran dan Sikap Siswa pada Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif. 4 (2): 112-123. (Online). (http:// journal. Lppmu nindra .ac.id/ index .php /Formatif /article/ view File/145 /139, diakses 28 April 2016).
OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-Year-Olds Know And What They Can Do With What They Know. National Center for Educati-on Statistics, Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education. Washington, DC. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa- 2012- results oveview.pdf, diakses 11 Okto- ber 2015).
Rahayu, S. 2014. Menuju Masyarakat Berliterasi Sains Harapan dan Tantangan: Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaran 2014.(Online), (http://kimia. um .ac.id, diakses pada 8 November 2015).
Sukardi. 2003. Metodologi Pene- litian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulastri, R., R. Johar, dan S. Munzir. 2014. Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah Menyelesaikan Soal PISA Most Difficult Level. Jurnal Didaktik Matematika. 1 (2): 13-14. (Online), (http:// jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2073/2027, diakses 10 November 2015).
Toharudin, U., S.Hendrawati, dan A. Rustaman. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wasih, 2013. Merenungkan Kembali Hasil Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III. (Online), (http://download. Portalgaruda. org /article. Php? article=145972&val=1365&title=Merenungkan%20kembali% 20hasil%20pembelajaran%20 sains, diakses 27 April 2016).
Wiyono, D.K. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. (Online), (http:// eprints .ums. ac. id /33 294/1/1. %20 NASKAH %20 PUBLIKASI .pdf, diakses 13 Mei 2016).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.