Pengaruh Model Discovery Learninng Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of Discovery Learning Models On Students Science Literacy skills on VII grade students of SMP Negeri 35 Bandar Lampung in "Ecosystems” topic. The samples were students of class VII A and VII C which were selected from the population by random cluster sampling technique. The study used pretest-posttest questions and student response sheets. The design used was nonequivalent pretest-posttest control group design. Data were analyzed by the Independent Sample t-Test using the SPSS 17.0 program. The results of students' responses on Discovery learning model had a significant effect on scientific literacy skills with a significance value of 0.00 (p <0.05). The results of the students' responses on ecosystem learning with the Discovery Learning model have an average percentage 81,9 %.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 35 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi “Ekosistem”. Sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII C yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan yaitu non-equivalent pretest-posttest control group design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-Test menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dengan nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran ekosistem dengan model discovery learning memiliki persentase rata-rata 81,9 %.
Kata Kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains
Full Text:
PDFReferences
Dahlia, F. 2013. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta didik SMP pada Materi Ekosistem. Skripsi. (Online), (http://repository.upi.edu, diakses 24 Maret 2019).
Dragos dan Mih. 2015. Scientific Literacy in School. Procedia-Social and Behavioral Sciences 209:167 – 172.
Hakim, Lukmannul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.
Hayat, B dan Suhendra, Y. 2010. Benchmark International Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang pembelajaran Pada Pendidikan dasar dan Penddikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kristiani, N. 2009. Pengaruh Strategi
Pembelajaran dan Kemampuan Akademik Serta Interasksinya terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 9 Malang. Tesis. Program Pascasarjana. Malang: Universistas Negeri Malang.
Mustofa, Kuswanti dan Hidayati. 2017. Keefektifan LKS Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik. E-Journal Pensa. 5(1):27-32.
Niswatuzzahro, Fakhriyah, Rahayu. 2018. The Application Of Discovery Learning Model Assisted By Audio Visual Media To Improve Science Literacy Of Elementary Students. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta didik Kelas 5 Sd. 8(3):273-284
Norris SP, Phillips LM. 2003. How Literacy in its Fundamental Sense in Central to Scientific Literacy. Science Education. Vol(87):224-240
OECD. 2013. Program forInternational Student Assesment (PISA 2013 Result), (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20Technical%20Report_Chapter%201.pdf, diakses 24 Desember 2018)
PISA. 2010. Assesment Framework Key Competencies In Reading, Mathematics and Science. OECD, (Online), (http://www.erc.ie/documents/p09erc_technical_report.pdf, diakses 24 desember 2018)
Sabilu, M. 2008. Pengaruh penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multristrategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Peserta didik SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universistas Negeri Malang. Malang. 3 hlm
Syarifah N M, Listiani, Aidil A. 2018. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Di Sma Negeri 3 Tarakan Kalimantan Utara. 9(2):115-120
Ulfa, U. Saptaningru, E dan Kurniawan A. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya Tahun 2017.
Wasis. 2013. Merenungkan Kembali Hasil Pembelajaran Sains. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2013.
Yaumi, Wisanti, Admoko. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik SMP Kelas VII. E-Journal Pendidikan Sains. 5(2): 38 - 45
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.