Pengaruh Argument-Driven Inquiry Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP

Uji Yoga Prastio, Neni Hasnunidah

Abstract


This study aims to determine the significance of the effect of Argument-Driven Inquiry’s learning model on metacognition awareness and cognitive learning outcomes of students in the subject matter of the respiratory system. The study population was VII grade students of Permata Bunda IT Middle School with 59 people divided into 2 classes that used as samples. The research design used was quasi-experimental with a pretest-posttest non-equivalent control group design. The results showed that there was a significant effect of using ADI model on metacognitive awareness and student cognitive learning outcomes. The significance of the effect of the Argument-Driven Inquiry learning model on metacognition awareness is 0.001 (p<0.05). The significance of the effect of the Argument-Driven Inquiry learning model on cognitive learning outcomes is 0,000 (p<0.05).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa SMP pada materi pokok sistem pernapasan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Permata Bunda berjumlah 59 orang yang terbagi kedalam 2 kelas yang dijadikan sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model ADI terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Signifikansi pengaruh dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap kesadaran metakognisi yaitu 0,001 (p<0,05). Signifikansi pengaruh dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap hasil belajar kognitif yaitu 0,000 (p<0,05).

 

Kata kunci: Argument-Driven Inquiry, hasil belajar kognitif, kesadaran metakognisi

Full Text:

PDF

References


Amalia. 2011. Efektifitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pemelajara Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkungan Diinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan MIPA Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Andriani, Y.L., 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelas VII. Education Science. 7 (2): 114-120.

Demircioglu, T dan Ucar, S. 2015. Investigating The Effect Of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory & Practice. 15 (1): 267-283

Djumaroh, S, B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kristiani, N. 2015. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Jurnal Seminar Nasional. Malang: UNS.

Lestari, Y, D. 2012. Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Refleksif dan Impulsif. Skripsi. Surabaya: UNESA.

Nuryana, E dan Bambang, S. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 Sma Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education. 1 (1): 83-75.

OECD. 2016. Results from PISA 2015.(Online). (https: //www.

oecd.org/pisa/PISA-2015 Indonesia.pdf, diakses 20 Oktober 2018).

Permendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rahmawati. 2016. Seminar Trend In International Mathematics And Science Study (TIMSS) 2015. (Online). (Https://

Puspendik.Kemdikbud.Go.Id/ Seminar /Upload/, diakses 20 Oktober 2018).

Risnanosanti. 2008. Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1): 86-98.

Sampson, V dan Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry To Promote The Under- Standing Of Important Concepts and Practices In Biology. The American Biology Teacher, 71 (8): 465-472.

Sampson, V., Grooms, J dan Walker, J. P. 2010. Argument-Driven Inquiry As A Way To Help Students Learn How To Participate In Scientific Argumentation And Craft Written Arguments: An Exploratory Study. Science Education. 95 (2): 217-257.

Schraw dan Dennison. 1994. Assessing Metacognitive Awareness. Contempoty Edu-cational Psychology. 19 (1): 460-475.

Schraw, G dan Moshman, D. 1995. Metagocnitive Theories. Educational Psychology Review. 7 (4): 351-371.

Sukaisih.R., dan Muhali. 2014. Meningkatkan Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Prolem Solving. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA. 2 (1): 71-82.

Thomas, G., Anderson, D., dan Nashon, S. 2008.Development Of An Instrument Designed To Investigate Elements Ofscience Students’ Metacognition, Self-Efficacy And Learning Processes: The SEMLI-S. International Journal Of Education. 2 (32): 1-24.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology: Active Learning Adition. Pemerjemah: Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.