Hubungan Antara Penguasaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Etika Lingkungan Siswa SMA

Ade Safitri, Arwin Surbakti, Dewi Lengkana

Abstract


This study aims were (1) describe the closeness correlation between mastery of environmental knowlagde with students environmental ethic of SMAN 1 Natar; (2) describe  the direction correlation between mastery of environmental knowlegde with students environmental ethics of SMAN 1 Natar; and (3) to know the contribution of the mastery of environmental knowlegde to students environmental ethics of SMAN 1 Natar. The design was the one shot case study design.The samples was 108 at tenth grade students of the Mathematics Department of Nature Sciences. The sample were taken by purposivesampling technique. The data of knowledge of environmental knowledge were obtained through reasoned T-F test questions and data of environmental ethics were obtained through questionnaires. The data was analyze by Pearson Product Moment. The result of correlation test and linear regression test showed that there was moderate relationship between mastery of environmental knowlagde with of environmental ethics of students in SMAN 1 Natar  with correlation coefficient of 0.387 which contributed 15% with a positive direction.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan keeratan hubungan antara penguasaan pengetahuan lingkungan hidup terhadap etika lingkungan siswa SMAN 1 Natar; (2) Mendeskripsikan arah hubungan antara PPLH terhadap EL siswa SMAN 1 Natar; dan (3) Mengetahui besar kontribusi penguasaan PPLH terhadap EL  siswa SMAN 1 Natar. Desain penelitian adalah The One Shot Case Study. Sampel penelitian  yaitu 108 siswa kelas X Jurusan MIA. Sampel menggunakan teknik purposive sampling.  Data hasil penelitian berupa data PPLH diperoleh melalui tes soal B-S beralasan dan data EL diperoleh melalui angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil uji korelasi dan regresi linier menunjukkan adanya hubungan yang moderat antara PPLH terhadap EL siswa SMAN 1 Natar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.387 memberikan kontribusi 15% dengan arah hubungan positif.

Kata kunci: pengetahuan lingkungan hidup, etika lingkungan, lingkungan



Full Text:

PDF

References


Astuti, F. 2015. Implementasi Program Adiwiyata dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah dan Tingkat Partisipasi Warga Sekolah di SMP Kabupaten Wonosobo Tahun 2015. Jurnal Edu Geography. 3 (8). 1-9.

Blalock, Hubert M. 2012. Methodology in social research. New York, NY: McGraw-Hill Companies.

Desfandi, M. 2015. Mewujudkan Ma-syarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adi-wiyata. Jurnal Sosio Didaktika: Social Science Education. 2 (1). 31-37.

Gautier, N. 2017. Developing a Curricu-lum Framework for Field Studies Using Experiential and Environ-mental Educational Theory. SMTC Plan B Science and Mathematics Teaching Center.

Iswari, R, D, dan Utomo, S, W. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan. 15 (1): 35-41.

Jumadil., Mustari, K., dan Hamzah, A.A. 2015. Penerapan Program Adi-wiyata Pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar di Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi. 15 (2): 195-202.

Katuwal, H dan Bohara, A.K. 2011. Knowledge, Attitude, and Behavior towards Environmental Quality. Himalayan Policy Research Con-ference.

Kumurur, V. A. 2008. Pengetahuan, Sikap dan Kepedulian Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Terhadap Lingkungan Hidup Kota Jakarta. Jurnal Ekoton. 8 (2). 1- 24.

Maulidya, F., Muzakir, A., dan Sanjaya, Y. 2014. Case Study the En-vironment Literacy of Fast Learner Middle School Student in Indonesia. International Jurnal of Science and Research (IJSR). 3 (1): 193-197.

Saktianto, A. 2017. Sebanyak 9 Kasus Lingkungan Hidup ini Terjadi di Lampung. http://www.saibumi. com/artikel-81649-sebanyak-9- kasus-lingkungan-hidup-ini-terjadi-di-lampung-selama-2016-.html#ixzz4jouCJBkt. Diunduh pa-da tanggal 25 juni 2017 pukul 21.00 WIB.

Wahyuni. 2016. Teori dan Pembelaja-ran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yasland, Mursalin dan Hazliansyah. 2017. Kerusakan Hutan di Lampung Menurun 50 Persen. (Online), (https://nasional. republika.co.id/berita/nasional/daerah/p0qq5w280-kerusakan-hutan-di-lampung-menurun-50-persen, diakses pada tanggal 25 Desember 2017 pukul 21.05 WIB).

Yohannah, F, Y. 2016. Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Pengetahuan dan Sikap Peduli Lingkungan Hidup Siswa di SMA Negeri Kota Medan. Tesis. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Yupiter, L, M. 2011. Program Adiwiyata dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah (Studi Kasus SDN Panggung 04 Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah). Tesis. Program Magister Ilmu Lingkungan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.