Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Pernapasan Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI)

Samantha Tiara Putri, Neni Hasnunidah, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to produce practical guidebook of human respiratory system with ADI model for junior high school student. The design of this research was R&D with 4-D model included define, design, develope, and dissaminate, this research was only until the develop step. The result of this study was practical guidebook made using language that was easy to understand and in accordance with EYD. Each worksheet of the guidebook consists of student identity, title, theoretical base, objectives, research question, tools and materials, work steps, argument schemes, argument sessions, and report. Expert and practitioner validation result and the result of the legibility test by students was “excellent” category. The result of the implementation test of all the practicum procedure have “almost all activities performed”. Thus, pratical guidebook of human respiratory system with ADI model that has been developed was valid and practical.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku penuntun praktikum sistem pernapasan manusia dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk siswa SMP. Desain penelitian ini menggunakan R&D dengan model 4-D meliputi define, design, develop, dan disseminate, tetapi penelitian ini dilakukan sampai tahap develop. Hasil dari penelitian ini berupa buku penuntun praktikum menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan EYD. Lembar kerja praktikum terdiri dari identitas siswa, judul praktikum dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil uji validasi ahli dan praktisi serta hasil uji keterbacaan siswa mendapat kategori “Sangat Baik”. Hasil uji keterlaksanaan dari semua praktikum yang telah dilakukan memperoleh kategori “Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana”. Dengan demikian, buku penuntun praktikum sistem pernapasan manusia dengan model ADI yang dikembangkan telah valid dan praktis.

 

Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, pengembangan, sistem pernapasan manusia


Full Text:

PDF

References


Agustina, P. 2015. Persepsi Mahasiswa Calon Guru Biologi Tentang Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Menengah: Studi Pengembangan Pembelajaran pada Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta: Bioedukatika. 3 (2): 26-29.

Andriani, Y., dan Riandi. 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument-Driven Inquiry pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelas VII. Edusains. 7 (2): 114-120.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Deane, P., dan Song Y. 2014. A Case Study in Principled Assessment Design: Designing Assessment to Measure and Support the Development of Argumentative Reading and Writing Skills. Psicologia Educativa. 20: 99-108.

Demircioglu, T., Ucar, S. 2012. The Effect of Argument-Driven Inquiry on Pre-Service Science Teachers’ Attitudes and Argumentation Skill. Procedia – Social and Behavioral Science. 46: 5035-5039.

Dewi, K., Sadia I. W., dan Ristiati N. P. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3.

Erduran, S., Simon., dan Osborne, J. 2004. TAPing Into Argumentation: Developments In The Application Of Toulmin’s Argument Pattern For Studying Science Discourse. Science Education. (88): 915-933.

Handayani, L. P. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMP Kelas VII Semester II. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding dan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hersandi, M. Brosur IPA Terpadu sebagai Bahan Ajar di SMP Ditinjau dari Aspek Keterbacaan. Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM. 1 (9): 139-144

Imaniarta, I.,. Sulistina O.,. dan Yahmin. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Keraf, G. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Ni’mah, H. I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS untuk Peserta Didik SMA/MA kelas X. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Nugroho, E. B. P. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prabowo, C. A., Ibrohim, dan Saptasari, M. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1 (6): 1090-1097.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan. Bandung: Alfabeta.

Sampson, V., dan Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry To Promote the Understanding of Important Concepts and Pratices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-472.

Santi, I K. L., Santosa, R. H. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 11 (1): 35-44.

Sari, S. W., 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Kelas XII Semester II Berbasis Learning Cycle 5 Fase. Malang: Universitas Negeri Malang..

Subamia, I D. P., SriWahyuni, I. G. A. N., dan Widiasih, N. N. 2015. Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha..

Syamsu, F. D. 2017. Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Aceh: STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., dan Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children Source Book. Bloomington: Center for Inovation on Teaching the Handicapped (Online), (http://files. eric.ed.gov, diakses 18 Oktober 2017).

Waluyo, M. E., dan Parmin. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadi Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Unnes Science Education. 3 (3): 677-684.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.