Pengaruh Model Pembelajaran Life Skill Terhadap Keterampilan Generik Biologi Ditinjau Dari Self Regulation

Nukhbatul Bidayati Haka, Bambang Sri Anggoro, Nazmi Nazmi

Abstract


The low level of generic skills in biological science of students is due to the learning process that has not developed these abilities. This research is quantitative research with 2x3 factorial design. The sample was chosen by class random technique. Data collection techniques with tests, questionnaires, and documentation. The results of this study are as follows: Based on the results of two different cell road test results conclusions were obtained, namely: (1) There is the influence of life skill learning models on generic skills in biological science of 10,05  (2) There is the effect of self regulation on generic science skills biology amounting to 207,3 (3) There is an interaction between the treatment of learning with self regulation of students on the generic skills of biological science by 3,802.

 

Rendahnya keterampilan generik sains biologi peserta didik dikarenakan proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel dipilih dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji analisis dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran life skill terhadap keterampilan generik sains biologi sebesar 10,05 (2) Terdapat pengaruh self regulation terhadap keterampilan generik sains biologi sebesar  207,3 (3) Terdapat interaksi antara perlakuan pembelajaran dengan self regulation peserta didik terhadap keterampilan generik sains biologi sebesar 3,802.

 

Kata kunci: keterampilan generik sains biologi, model pembelajaran life skill, self regulation



Full Text:

PDF

References


Agama, D. republik indonesia. 2005. Pedoman Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Darmiany. 2016. Self-regulated learning mahasiswa pendidikan guru Sekolah dasar ( PGSD ) tahun pertama, 2, 72–81.

Diwiasmoro, E. 2017. . Inovasi Pembelajaran Berbasisi Life Skill Dan Entrepreneurship. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Malik, A. 2016. Keterampilan Generiks Sains Siswa Melalui Model Activity Based Learning Prosiding Snips, 23–28.

Martiningsih, M. 2018. Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps) 06(01), 24–33.

Mislaini. 2017. Pendidikan Dan Bimbingan Kecakapan Hidup ( Life Skill ) Peserta Didik, 01(1), 147–163.

Pitasari, R. 2016. Peningkatan Keterampilan Generik Sains Siswa Melalui Task Based Learning Pada Larutan Buffer. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, vol 1 ).

Puspita, L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas x Man 2 Bandar Lampung, 9(1), 1–12.

Sari, D. P. 2014. Mengembangkan Kemampuan Self Regulation: Ranah Kognitif, Motivasi Dan Metakognisi, vol 3.

Shaumi, A. nur. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Pembelajaran Sains Di Sd/Mi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 240–252.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilawati. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Life skill untuk Siswa SMA, vol 2.

Tanwil muhamad. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. makasar: Badan Penerbit UNM.

Vivik Shofiah Dan Raudatussalamah. 2014. Self- Efficacy Dan Self- Regulation Sebagai Unsur Penting Dalam Pendidikan Karakter (Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Tasawuf)”. Jurnal Penelitian sosial keagamaan, 214–229.

Wahyuni, S. 2017. Implementasi Pendidikan Life Skill di SMK Negeri 1 Bondowoso (Implementation of Life Skills Education in SMK Negeri 1 Bondowoso).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.