Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa

Devi Andriani, Rini Rita T. Marpaung, Tri Jalmo

Abstract


This research aim was to determine the effect of Problem Based Learning on metacognition skills and student learning outcomes. The research design used was a non-equivalent pretest-posttest control group design. The research samples were the students of SMAN 1 Gedong Tataan class X IPA 1 and X IPA 4 amounted of 54 students that were selected through cluster random sampling technique. Data on metacognition skills were obtained using questionnaires which analyzed descriptively while data on learning outcome from pretest and posttest which analyzed by Independent Sampel t-test at 5% confidence level. The results showed that metacognition skills of the experimental class differ significantly from the control class. The average N-gain in the experimental class was 0,64 while in the control class was 0,31. So it can be concluded that Problem Based Learning has an effect on increasing metacognition skills and learning outcomes of students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Problem Based Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Gedong Tataan kelas X IPA 1 dan X IPA 4 yang berjumlah 54 siswa dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif sedangkan data hasil belajar menggunakan nilai pretest dan posttest yang dianalisis dengan uji Independent Sampel t-test pada tarap kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,64 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan metakognisi, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Amin, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi. 4 (3): 25-36.

Arahmat, Y. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Arends. 2007. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). New York: Mc Graw Hill Companies.

Arifah, M. 2017. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kete-rampilan Metakognisi Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Azhari, N dan Rini, S., 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 11. 5 (2): 54-49.

Bahri, Arsad. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perhitungan Fisiologi Hewan Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Jurusan Biologi F- MIPA Universitas Negeri Makasar. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Danial, M., 2010. Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakog-nisi dan Respon Mahasiswa. Jurnal Chemica. 11 (2): 1-10.

Delvecchio. 2011. Students’ Use Metacognitive Skills While Problem Solving In School Chemistry. Tesis. Canada: Queen’s University.

Fauzan, M., Abdul G., dan Muhammad S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5 (1): 27-35.

Haryani, S., Agung T., dan Anna P. 2014. Developing Metacognition of Techer Candidat by Implementing Problem Based Learning Whitin the Area of Analytical Chemistry International Journal of Science and Reserach (IJSR). 3(6): 1223-1229.

Herlina, K., dan Mamu, H. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI MAN 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 5 (1). 11-18.

Imel, S. 2002. IPA Metacognition Background Brief from the QLRC News Summer 2004. (Online), (http://www.cete.org/acve/docs/tia.0017.pdf), diakses pada 28 September 2018.

Livingston, J. 1997. Metacognition : an overview. Washington DC : ERIC.

Louca, E. 2003. The Concept and Instruction of metacognition. Teacher Development. 7 (1): 28-38.

Meltzer, D.E. 2002. Relation between Student’ Problem Solving Perfor-mance and Representation Format. American Journal of Physic. 73(5): 455-465.

Muhlisin, A., Herawati, S., Mohamad, A., dan Fatchur, R. 2016. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Akademik Berbeda pada Perkuliahan Konsep Dasar IPA. Posiding Seminar Nasional Biologi.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: SIC.

Santyasa, I . 2005. Model Pembelajaran Inovatif dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Klungkung. Singaraja: Fakultas MIPA IKIP Negeri.

Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suratno. 2011. Kemampuan Metakognisi dengan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) pada Pembelajaran Biologi SMA dengan Stra-tegi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 18(1): 42-51.

Taufik, M., Sukmadinata, N.S., Abdulhak, I., dan Tumbelaka, B.Y. 2010. Desain Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Peme- cahan Masalah dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Mene-ngah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Berkala Fisika: Bandung. 13(2): 164-173.

Wahyu dan Azizah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Driyorejo Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Unesa Journal of Chemical Educa-tion. 3(3): 29-34.

Wisudawati, A.W. dan Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.