Perbandingan Pengetahuan Tentang Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya dan Sikap Peduli Lingkungan
Abstract
This study aims to compare the knowledge of the interaction between living things with their environment and environmental concern. Sampling used purpose sampling. The research design was ex post facto. The results of the t-test showed that the students' knowledge and environmental concern in the school area of the TNWK are higher than the schools in the city. The results of a simple linear regression test showed that there was a relationship between the knowledge of interaction between living things and their environment and environmental concern of students in the school area of the TNWK and schools in the city. The conclusion of this study was there was a difference between the knowledge of interaction between living things and their environment and the attitude of caring for the students in the school of the TNWK area and in the City.
Penelitian ini bertujuan membandingkan pengetahuan tentang interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Desain penelitian adalah ex post facto. Hasil uji t menunjukkan pengetahuan dan sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah area kawasan TNWK lebih tinggi dibanding sekolah di kota. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dan sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah area kawasan TNWK maupun sekolah di Kota. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara pengetahuan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dan sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah area kawasan TNWK dan di Kota.
Kata kunci : perbandingan, pengetahuan, sikap peduli lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahlia, Ibrohim, dan Susriyati. 2016. Pemanfaatan Hutan Wisata Baning Sebagai Sumber belajar Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di SMP. Jurnal Pros. Semnas Pend. IPA Pacasarjana UM. 1: 883-886.
Departemen Kehutanan. 2002. Keputusan Menteri Kehutanan No. 8205/Kpts-II/2002 tentang Perubahan Terhadap Peraturan Menteri KehutananNo.P.70/MenhutII/2008 tentang Pedoman Teknis Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Jakarta: Departemen Kehutanan Republik Indonesia.
Fauzi, M. H. 2012. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMA Kelas XI Karanganyar Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gifford, R. dan Reuven, S. 2012. Environmental Attitudes. Journal Psychology, Personality and Social Psychology. 10 (2): 3-18.
Hasan, I. 2009. Analisis Data Penelitian Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, L., Q. dan Puspita, C. 2007. Pemanfaatan Sampah Organik sebagai Sumber Biogas untuk Mengatasi Krisis Energi Dalam Negeri. Bandar Lampung: Karya Tulis Ilmiah Universitas Lampung.
Insani, M.D. 2016. Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. Malang. 7 (2).
Istiadi, Y. 2016. Pendidikan Lingkungan Hidup Terlupakan Dalam Kurikulum. Jurnal: Manusia dan Lingkungan. 23 (1): 129-135.
Istiana, R. 2014. Hubungan antara Pengetahuan Pencemaran dan Etika Lingkungan dengan Perilaku Mahasiswa dalam Mencegah Pemana-
san Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pedagogia. 6 (1): 98-107.
Kemendikbud. 2017. Panduan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar SMP. Jakarta: Kemendibud.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2014. Statistik. Jakarta. Kemenlh dan Kemenhut.
Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Sari, P. E. 2016. Pengawasan Oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (Bplhd) Terhadap Pengelolaan Pembuangan Limbah Cair Pt Indo Lampung Perkasa Kabupaten Tulang Bawang. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.