Efektivitas Formasi Tempat Duduk Tipe U dan Chevron terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Maharani Aulia Fajri, Darlen Sikumbang, Rini Rita Marpaung

Abstract


This study aimed to determine the effectiveness of U type, chevron and theater seating formation on student learning outcomes. Sample by using purposive sampling that were class XI MIA 1 (experimental I, formation U), XI MIA 2 (experimental II, chevron formation), and XI MIA 3 (control, theater formation). The design of this study was a non-equivalent pretest-posttest. Measurement of effectiveness on cognitive aspects based on differences in N-gain, while the calculation of affective and psychomotor aspects based on the interpretation of qualitative achievement indices. The results showed that the average N-gain value, affective and psychomotoric aspects of the experimental class I was higher than the experimental class II and control class. Therefore, there were differences in the effectiveness of the three seating formations that are determined against learning ouatcomes and the U was the most effective then chevron and theater formations.

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas formasi tempat duduk U, chevron dan teater terhadap hasil belajar peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 (eksperimen I, formasi U), XI MIA 2 (eksperimen II, formasi chevron), dan XI MIA 3 (kontrol, formasi teater). Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Pengukuran efektivitas pada aspek kognitif berdasarkan perbedaan N-gain, sedangkan perhitungan aspek afektif dan psikomotorik berdasarkan tafsir indeks prestasi kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain, aspek afektif dan psikomotik kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II dan kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk dengan formasi U yang paling efektif daripada formasi chevron dan teater.

Kata kunci: efektivitas, formasi tempat duduk, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aksari, I. H. 2003. Pengaruh Profesionalitas Pendidik terhadap Kemampuan Mendesain Tempat Duduk dan Peningkatan Prestasi Peserta didik. (Online), (http://-www.diyanika.com/2013/05/pengaruh-profesionalitas-pendidik.html, diakses pada 25 Desember 2017).

Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barokah, N.F dan Maisaroh, S. 2016. Perbedaan Formasi Tempat Duduk U Shape dan Chevron Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA pada Peserta didik Kelas V SD N Denggung Sleman. Yogjakarta: Universitas PGRI Yogyakar-ta.

Djiwandono, S. E. W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Hamiyah, N. dan Jauhar, M. 2014. Stratergi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ilanur, A. 2017. Efektivitas Formasi Tempat Duduk terhadap Ha-sil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran IPA Biologi Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup. Skripsi, Lampung: Universitas Lampung.

Kusnah. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Kelas I dengan Variasi Kelas di SDIT Izzatul Islam Getasan Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: STAIN Salatiga.

Munif, C dan Irma. 2013. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Nurmala. 2014. The Effect of U-Shape (Horseshoe) Seating Arrangement on Speaking Ability of The Tenth Grade Students at SMK TI Airlangga Samarinda. Skripsi. Samarinda: Universitas Mulawarman

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setiyadi, B. R. dan Ramdani, S. D. 2016. Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa pada Pembelajaran Saintifik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. 1 (1): 29-42. (Online), (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos, diakses pada 28 September 2016).

Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.