Korelasi Antara Cara Belajar Terhadap Penguasaan Materi IPA Peserta Didik SMP Bandar Lampung

Teresa Wilda Triadita Manik, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to determine the correlation between the way of learning to students science conceptual matery in Bandar Lampung Middle School in the academic year 2017/2018. Samples were 104 students that were obtained using purposive sampling technique. The research design used ex post facto. The data were collected using questionnaire containing 22 statement items. The questionnaire score result was analyzed using Pearson product moment and  interpreted into percentage descriptive criteria. The result showed that the way of learning had a weak correlation to the mastery of the concept with rhit 0.215 > rtab 0.193. The way of learning contribute 5% to the mastery of science concept. 

 

Penelitian ini bertujuan menentukan keeratan korelasi antara cara belajar dengan penguasaan materi IPA peserta didik SMP Xaverius 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Sampel berjumlah 104 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah ex post facto design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berisikan 22 item pernyataan, hasil skor angket dianalisis dengan uji korelasi pearson product moment dan diinterpretasikan ke dalam kriteria deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan cara belajar memiliki korelasi yang lemah dengan penguasaan materi rhit 0.215 > dari rtab 0.193. Cara belajar berkontribusi sebesar 5% terhadap penguasaan materi IPA.

Kata kunci: cara belajar, IPA, penguasaan materi IPA


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Chin, C. 2003. Students approaches to learning science: Responding to learners needs. School Science Review, 85 (310). The Association for Science Education. (Online), (https://repository.nie.edu.sg/itstream-0497/4740/1/SSR85-310- 97_a.pdf., Diakses pada 16 Juli 2018 pukul 18.10 WIB.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Falkenberg, K., P. Mc Clure dan E. M. Mc Comb. 2006. Science in Afterschool. The National Partnership for Quality Afterschool Learning. Serve Center. (Online), https://www.sedl.org/afterschool/toolkits/science/pdf/SERVE Science in After school Review.pdf. Diakses pada 16 Juli 2018 pukul 16.10 WIB.

Gie, T. L. 2000. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, J. dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Inayah, R., T. Martono, dan H. Sawiji. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Peserta didik, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem, Jawa tengah. JPIM Volume 1 No. 1. UNS. http://jurnal.fkip.uns. ac.id/index.php/s2ekonomi/article/download/1899/10

Kemendikbud. 2017. Rekap Hasil UN Tingkat Sekolah. Jakarta. https://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un diunduh pada 13 Agustus 2018 pukul 14.02 WIB.

Mukminan. 2014. Tantangan Pendidikan di Abad 21. (Online).http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-mukminan/ba-28-mklt-unnesa-tantangan-pddkiabad-21. pdf diunduh pada 16 Juli 2018 pukul 17.05 WIB).

Rohmawati, E.D. dan Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pem-belajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. (Online), https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJLarticle.download. Diakses pada 16 Juli 2018 pukul 14.05 WIB

Rustaman, N.Y. 2007. Makalah Seminar Nasional Per-kembangan Penelitian Pem-belajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. (Online),

http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKANIPA/195012311979032/NURYANI_RUSTAMAN/PenPemInkuiri.pdf. Di akses pada 26 April 2018 pukul 09:10 WIB).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda-karya.

Yusmalia. 2013. Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geo-grafi Siswa Kelas XI IPS SMA Perintis I Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.