Efektivitas Formasi Tempat Duduk Tipe U dan Chevron Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
This study aimed to determine the effectiveness of seating formation U shape and Chevron types towards student learning outcomes on structure and function of animal tissues subject in Islamic Senior High School 1 Bandar Lampung. The research design was pretest-posttest non-equivalent groups. The population was XI grade science students and samples were XI science 1, XI science 2, and XI science 3 grade’s students which were selected by purposive sampling technique. This research data were the result of students learning were obtained through pretest-posttest, students’ self assessment affective aspects and students’ psychomotor aspect observation sheets. Cognitive aspects of learning outcome data were analyzed by One-Way Anova test and by Independent Sample t-test. The data of affective and psychomotor aspects were analyzed using Qualitative Achievement Index and calculated score improvement. The result showed that the experiment class XI Science 2 had the highest cognitives N-gain and score improvement each aspects. Therefore, there were differences of effectiveness of three seating formations that applied towards student learning outcomes on structure and function of animal tissues subject.
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas formasi tempat duduk tipe U dan Chevron terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan hewan di MAN 1 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah pretest-postest non ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA dan sampelnya adalah peserta didik kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian berupa hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui pretest-postest, lembar penilaian diri afektif dan lembar pengamatan psikomotorik. Data aspek kognitif dianalisis dengan uji One-Way Anova dan uji t. Data aspek afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan Indeks Prestasi Kualitatif serta dihitung peningkatan nilainya. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen XI MIA 2 memiliki N-gain kognitif dan peningkatan nilai aspek afektif dan psikomotorik tertinggi daripada peserta didik kelas eksperimen lainnya. Oleh karena itu, terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk yang diterapkan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan hewan.
Kata kunci : efektivitas, formasi tempat duduk, hasil belajar, jaringan hewan
Full Text:
PDFReferences
Aksari, I. H. 2013. Pengaruh Profesionalitas Pendidik terhadap Ke-mampuan Mendesain Tempat Duduk dan Peningkatan Prestasi Peserta didik. Diakses dari http://www.diyanika.com/2013/05/pengaruh-profesionalitas-pendidik.html. Pada 25 Januari 2018 Pukul 19.00. 17 hlm
Anam, K. 2016. Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 210 hlm.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 226 hlm.
Hamid, M. S. 2014. Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press. 252 hlm.
Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Mata Pelajaran . Jakarta: Kementerian dan Kebudayaan. 39 hlm.
Lotfy, N. 2012. Seating Arrangement and Cooperative Learning Activities: Students’ On-task/Off-task Participation in EFL Classrooms. Tesis. Cairo: American University in Cairo. 90 hlm.
Nurmala. 2014. The Effect of U Shape (Horseshoe) Seating Arrangement on Speaking Ability of The Tenth Grade Students at SMK TI Airlangga Samarinda. (Skripsi). Samarinda: Mulawarman University. 17 hlm.
Purwanto, E. dan Sulistyastuti, D. R. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, untuk Administrasi Publik, dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media. 210 hlm.
Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 280 hlm.
Rohmanurmeta, F. M. dan Farozin, M. 2013. Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 9 (1): 70-82. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/10691, diakses pada 6 Desember 2017 Pukul 23.23 WIB).
Setiyadi, B. R. dan Ramdani, S. D. 2016. Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa pada Saintifik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. 1 (1): 29-42. (Online), (http://jurnal. untirta.ac.id/index.php/vanos, diakses pada 6 Desember 2017 Pukul 23.19 WIB).
Silberman, L. M. 2006. Actif Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Edisi Revisi. Bandung: Nusamedia. 310 hlm.
Simamora, R. H. 2009. Buku Ajar Kependidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC. 167 hlm.
Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 488 hlm.
Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher. 215 hlm.
Suleman, Q. dan Husain, I. 2014. Effects of Classroom Physical Environment on the Academic Achievement Scores of Secondary School Students in Kohat Division, Pakistan. International Journal of Learning and Development. 4 (1): 71-82. (Online), (http://www.macrothink.org/journal/index.php/ijld/article/view/5174, diakses pada 8 Agustus 2018 Pukul 23.02 WIB).
Suryani, N. dan Agung, L. 2012. Stratergi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak. 212 hlm.
Tirtarahardja, S. L. dan Sulo, L. 2005. Pengantar . Jakarta: PT Asdi Mahasatya. 320 hlm.
Uno. B, H. dan Nurdin, M. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 344 hlm.
Wannarka, R. dan Ruhl, K. 2008. Seating Arrangements that Promote Positive Academic and Behavioural Outcomes: A Review of Empirical Research. Support for Learning. 23 (2): 89-93. (Online), (http://online-library.wiley.com/resolve/doi?DOI=10.1111/j.14679604. 2008.-00375.x, diakses pada 8 Agustus 2018 Pukul 10.43 WIB).
Wiyani. 2013. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 220 hlm.
Yulianingsih, R. 2009. Pengaruh Model Berbasis Kontekstual (Contextual Teach-ing and Learning ) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Studi Eksperimental pada Sis-wa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tp 2008/2009). (Skripsi). Bandar lampung: Universitas Lampung. 140 hlm.
Zainab, S. 2014. Implementasi Penata-an Ruang Kelas Dengan Formasi U Dalam Rangka Memotivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Diakses dari https:// www.google.com/urlwww.ecampus.fkip.unja.ac.id =bv.1458229 82. Pada 6 Desember 2017 Pukul 23.11 WIB. 13 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.