Analisis Soal Ujian Nasional Biologi Sekolah Menengah Atas

Desi Lestari Ningsih, Rini Rita T Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This study aims to analyze and determine the type of Higher Order Thinking Skill (HOTS). Subject of this research were biology National Examination in the 2016/2017 high school. This research instrument used was assessment sheet. The results showed that 92,5% National Examination were HOTS type. Characteristic of questions point were 97,3% appropriate with achievement competence indicator. Stimuli that used on questions were images, few of them were diagrams, tables, examples and less than half were fragments of the case. Questions that has characteristics of critical thinking was 85% and less than half were indicators focusing on questions. Questions that has characteristics of problem solving problems was only 22,5% which was indicator of identifying big problems, identifying problems that are not suitable and problems solving based on data and problems.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristiksoal tipe Higher OrderThinking Skill (HOTS). Subjek pada penelitian ini yaitu UN biologi Sekolah menengah atas tahun 2016/2017. Instrument penelitian menggunakan lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua (92,5%) soal UN bertipe HOTS. Karakteristik pada butir soal UN hampir semua (97,3%) butir soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.Stimulus yang digunakan pada soal setengahnya adalah gambar, sedangkan sebagian kecil adalah diagram, tabel, contoh dan kurang dari setengah adalah penggalan kasus. Karakteristik soal berpikir kritis sebesar 85%, kurang dari setengahnya adalah indikator memfokuskan pada pertanyaan. Karakteristik soal pemecahan masalah hanya sebesar 22,5% yang sebagian kecilnya adalah indikator mengidentifikasi masalah sebesar, mengidentifikasi masalah yang tidak sesuai dan memecahkan masalah berdasarkan data dan masalah.

 

Kata kunci: berpikir kritis, HOTS, jenis stimulus, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Ariani, E. 2014. Analisis Keterampilan Berpikir Berdasarkan Taksonomi Anderson Pada Siswa Gaya Belajar Assimilator dalam Menyelesaikan Soal Eksponen dan Logaritma Kelas X SMA Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Arti, Endah, dan Hariyatmi. 2015. Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal HOT (Higher Order Thinking) Di SMA Negeri Wonosari Klaten. Skripsi.

Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafisindo Persada.

Effendi, L. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 13 No (2), 1-10.

Guchi, P. 2017. Analisis Butir Soal Ujian Nasional (UN) Biologi SMA Tahun Pelajaran 2013/2014, 2014/2015, 2015/-2016 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi Universitas Negeri Medan. 50 hlm.

Kemendikbud. 2014. Modul Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sosiologi SMA/ SMK Tahun 2014/ 2015. Jakarta: P4-BPSDM-PKPMP.

Lailly, N. R., Wisudawati, A. W. 2015. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal UN Kimia Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Kaunia. 11(1): 27-39.

Miri, B., Ben-Chaim., D & Zoller, V. 2007. Puposely Teaching for the Promotion of Higher Order Thinking Skills A Case of Critical Thinking. Res SCI Educ 37.

Permendikbud 2013. Penilaian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia No. 5 Tahun 2015 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan SMP/MTs atau yang sederajad dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat.

Sajidan dan Afandi. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017. 1 (2). 13 hlm.

Salamah, U, 2018. Penjamin Mutu Penilaian Pendidikan. Journal Evaluasi. 2 (1): 274-293.

Setiadi, H. 2016. Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (2): 167-178, (Online), (https://jour-nal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7173, diakses 30 Agustus 2018).

Setiawan, I. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Maslah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2 (1): 42-59.

Suswina, M. 2011. Hasil Validitas Pengembangan BAhan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep Untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas IX. Jurnal Ta’dib. 1 (1): 44-51.

Sutama, G.A. Sandi, dan Fuandi. 2017. Pengelolaan Penilaian Autentik kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika di SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan. 12 (10): 105-114.

Widana, I . 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta. Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Qurniati, Devi, Andayani, Yayuk, dan Muntari. Peningkatan Ketarmpilan Berpikir Kritris Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal Pendidikan IPA.1 (2): 58-69.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikanm. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.