Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa

Atika Putri, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aims to describe the effectivity of local wisdom bassed-teaching materials in improving Padang Rindu Elementary School students concepts mastery. The research used one group pretest postest design. The samples was grade IV students. The research subject matter was care for living things. The research data were obtained from pretest-postest, learning activities, and questionnaires. Pretest-postest analyzed by n-Gain calculation, learning activities and questionnaires were analyzed by percentage descriptive criteria.The results showed that students concept mastery (n-Gain) was medium criteria, students learning activities was good criteria, and questionnaires was high criteria. Based on this result, local wisdom bassed-teaching materials was effective in improving Padang Rindu Elementary School students concept mastery.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa SDN Padang Rindu. Desain yang digunakan adalah one group pretest postest. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV. Materi dalam penelitian adalah peduli terhadap makhluk hidup. Data penelitian diperoleh melalui pretes-postes, aktivitas belajar dan angket. Analisis pretes-postes menggunakan perhitungan n-Gain. Analisis aktivitas belajar dan angket menggunakan kriteria deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa (n-Gain) dengan kriteria sedang, aktivitas belajar siswa berkriteria baik, serta tanggapan siswa terhadap bahan ajar memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa SDN Padang Rindu.

Kata kunci: kearifan lokal, pendekatan scientific, penguasaan konsep

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K., Sofyan, dan Tatik. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Ameyaw, Y. 2011. Environmental Pedagogies that Promote Students Understanding of Integrated Science (Biology Aspect). Journal of Education 1 (1): 10-15. (Online). (http://www.bioinfo.in/contents.php?id=58, diakses pada 19 Januari 2018).

Cristian, D., Ani R., dan Suharto L. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education 6 (1): 1-13. (Online). (http://journal.unnes.ac. id/sju/index.php/jise, diakses pada 28 Oktober 2017).

Djamarah, S.B., dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erniwati. 2015. Upaya peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa melalui Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman. Jurnal Pendidikan Indonesia 1 (1): 1-12. (Onli ne). (http://jurnal.iicet.org, diakses pada 16 Mei 2018).

Fajarini, U. 2014. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio didaktika 1 (2): 123-130. (Online). (http://journal.uinjkt.ac.id, diakses pada 16 Mei 2018).

Hake, R. R. 1998. Interactive Engangement vs. Traditional Method: A six-thousand-student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics 66 (1): 64-74. (Online). (http://dx.doi.org/10.11-19/1.18809, diakses pada 16 Mei 2018).

Kenan. 2014. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Penugasan pada Materi Pokok Menulis di Kelas IV SD Negeri 050649 Simpang Pulau Rambung. Jurnal Saintech 6 (2): 7-77. (Online). (http://anzdoc.com, diakses pada 25 Januari 2018).

Kumala, N. K., dan Prihatin, S. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan Lokal. Universitas Kanjuruhan Malang. Malang. (Online). (http://repository.unikama.ac.id, diakses pada 16 Mei 2018).

Lubis, Z. 1997. Repong Damar: Kajian Tentang Pengambilan Keputusan dalam Pengelolaan Lahan Hutan di Pesisir Krui, Lampung Barat. Bogor: CIFOR. (Online). (http://webdoc.sub.gwdg.de, diakses pada 28 Oktober 2017).

Maha, E., 2016. Pengembangan LKS Menulis Pidato Bertema Nilai-Nilai Kearifan Lokal Lampung untuk Siswa Kelas X SMA/MA.Tesis tidak diterbitkan. Universitas Lampung. Bandar Lampung. (http://jurnal.fkip. unila.ac.id/index, diakses pada 25 April 2018).

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E. dan Suharsono, N. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4 (1): 746-751. (Online). (http://ejournal.undiksha.ac.id, diakses pada 28 Juli 2018).

Parmin, Sajidan, Ashadi, dan Sutikno. 2015. Skill of Prospective Teacher in Integrating the Concept of Science with Local Wisdom Model. Indonesian Journal of Science Education 4 (2): 1-7. (Online). (http:// journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, diakses pada 28 Oktober 2017).

Slavin, E.M. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETHA.

Taufik, M. 2014. Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Geografi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX IPS SMA Negeri 1 Dondo. EJournal Geo 2 (4): 1-14. (Online). (http://jurnal.untad.ac.id, diakses pada 28 Juli 2018).

Wahyuningsih, D., dan Muwarni, S. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa kelas XI SMA N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 1: 65-71. (Online), (http:// journal.uny.ac.id, diakses pada 30 Juli 2018).

Wiyanto, Nugroho, S.E., dan Hartono. 2017. The Scientific Approach Learning: How Prospective Science Teachers Understand about Questioning. Journal of Physics: Conference Series 824 (1): 1-5. (Online), (http://iopscien ce.iop.org, diakses pada 30 Juli 2018).

Yolida, B. dan Marpaung, R., R. 2017. Pengembangan Buku Guru dan RPP IPA Berbasis Kearifan Lokal Tingkat SD Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA FKIP. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Zinnurain dan Muzanni, A. 2018. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 4 (2): 63-69. (Online). (http:// ojs.ikipmataram.ac.id, diakses pada 30 Juli 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.