Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Di SDN 1 Kuripan

Cahyani Dela Sandora, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of the use of teaching materials based on local wisdom to improve learning activities, student learning outcomes and student responses to the use of teaching materials based on local wisdom. The sample in this study is 22 students in grade IV SDN 1 Kuripan District Pesisir Utara Regency Pesisir Barat. Sampling of this study uses Total Sampling technique. Data collection techniques using pretest, posttest, activity observation sheets and student questionnaire responses. The research data was analyzed descriptively. The results of the study showed that teaching materials based on local wisdom affect the learning activities of students as a whole with good criteria. Improved learning outcomes (n-Gain) have an average of 0.66 included in the medium criteria. So that teaching materials based on local wisdom are effective to improve learning activities and learning outcomes of students on matter caring for living things.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar peserta didik dan Tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Sampel dalam penelitian ini yaitu 22 peserta didik kelas IV SDN 1 Kuripan Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai pretes, postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal berpengaruh pada aktivitas belajar peserta didik secara keseluruhan berkriteria baik. Peningkatan hasil belajar (n-Gain) memiliki rata-rata 0,66 termasuk dalam kriteria sedang. Sehingga bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi peduli terhadap makhluk hidup.

Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar berbasis kearifan lokal, hasil belajar, peduli terhadap makhluk hidup

 



Full Text:

PDF

References


Apriana, E. 2012. Pengintegrasian Konsep Biokonservasi dalam Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi dan Kesadaran Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 12 (1): 1-6hlm.

Asmani, J. M. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: Diva Press.

Dahuri, R. 2001. Pendayaan Sumberdaya Kelautan untuk Kesejahteraan Rakyat. Kumpulan Pemikiran. Jakarta: Lembaga Informasi dan Studi Pembangunan Indonesia.

Fitriyani, D. 2015. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Potensi Lokal Tahu Sumedang Untuk Meningkatkan Aktivi-tas dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN Jatinunggal”. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Hakim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Hasibuan, J. J. Dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kumala, N. K. dan Prihatin, S. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kearifan Lokal. Tersedia di http://repo-sitory.unikama.ac.id.11 hlm.

Pannen, P. dan Purwanto. 2011. Penulisan bahan Ajar. Jakarta: Pusat antar universitas untuk peningkatan dan pengembangan aktivitas instructional dijen dikti diknas.

Permendikbud. 2013. Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Sukardjo, K. 2002. Ukim. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trianto . 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pusta Karya.

Yuniar, L. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Yolida, B. dan Marpaung, R. R. 2017. Pengembangan Buku Guru dan RPP IPA Berbasis Kearifan Lokal Tingkat SD Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA FKIP. Bandar Lampung: Universitas Lampung. 6 hlm.

Zinnuarain dan Muzanni, A. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 4 (2): 63-69hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.