Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik

Anggi Anggramayeni, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of teaching materials based on local wisdom to increase the activity and learning outcomes of students in SD N 1 Pugung Penengahan on Theme 3 "Care for Living Beings". The sample in this study was the class IV students in SD N 1 Pugung Penengahan totaling 22 people. The study design used the one group pretest posttest design. Data in this study were analyzed descriptively. Data collection techniques using pretest and posttest, activity observation sheet and questionnaire. The results showed that the learning activities of students were good criteria. The highest aspect of activity was to observe the teacher's explanation and the lowest was to maintain opinions. Teaching materials based on local wisdom are effective in improving student learning outcomes. Learning outcomes of students have an N-gain 0.72 which has high criteria. The results of the questionnaire responses of students towards local wisdom-based teaching materials have very good criteria.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SD N 1 Pugung Penengahan pada Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk Hidup”. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV di SD N 1 Pugung Penengahan berjumlah 22 orang. Desain penelitian menggunakan one grup pretest posttest. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik berkriteria baik. Aspek aktivitas yang paling tinggi adalah memperhatikan penjelasan guru dan paling rendah adalah mempertahankan pendapat. Bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik memiliki nilai N-gain 0,72 yang berkriteria tinggi. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal berkriteria sangat baik.

Kata kunci : aktivitas, bahan ajar, hasil belajar, kearifan lokal


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djiwandono, S.E.W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fitriyani, D. 2015. Penerapan Pembe- lajaran Berbasis Sains Potensi Lokal Tahu Sumedang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN Jatinunggal. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Hake, R., Richard. 1999. Analyzing Change/Gain Score. American Educational Research Association’s Division Measurement and Research Methodology. Diunduh dari http:// Lists.Asu.Edu/Egi-Bin. [Diakses 20 Januari 2018: 20.35 WIB].

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Indeks.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada.

Laksana, D.N.L., dan Wawe, F. 2015. Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2 (1), 27-37.

Lukluah, U. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam dan Kearifan Lokal Kelas IV MIN Bancong & MIS Al-Fatah Dimong Kabupaten Madiun. Tesis. Malang: UIN.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardjiyo dan Pannen. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. 6 (2): 83–98.

Sari, R. I. P. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). 2 (1): 26-32.

Tanjung, A., dan Fahmi, M. 2017. Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi. 20 (1): 24-29.

Tilaar, A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Warpala, I. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mata Pelajaran Sains SMP : Laporan Penelitian. Indonesian Science & Technologi Digital Library. Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Yolida, B., dan Marpaung, R.R. 2017. Pengembangan Buku Guru dan RPP IPA Berbasis Keraifan Lokal Tingkat SD Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA FKIP. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.