Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan
Abstract
This research aims was to determine the effect of PBL on metacognition skills and learning outcomes. The design was a nonequivalent pretest-posttest control group design. The research sample were the students of VIIA and VIIC amounted of 60 students that were selected through cluster random sampling technique. Data on metacognition skills wereobtained from questionnaires and data on learning outcomes obtained from pretest and posttest. Data on metacognition skills were analyzed descriptively while learning outcomes were analyzed by Independent Sample t-Test at 5% confidence level. The results showed that the experimental class metacognition skills were higher with the criteria of "developing very well" compared to the control class which had the criteria "already developed". The cognitive learning outcomes of the experimental class were also higher than the control class with the average N-gain in the experimental class of (0.39 ± 0.124) while in the control class (0.29 ± 0.157).
Penelitian ini bertujuan menentukan pengaruh PBL terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIA dan VIIC berjumlah 60 peserta didik dan dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh dari angket dan data hasil belajar diperoleh dari pretest dan posttest. Data keterampilan metakognisi dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi kelas eksperimen lebih tinggi dengan kriteria “berkembang sangat baik” dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki kriteria “sudah berkembang”. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,39 ± 0,124) sedangkan pada kelas kontrol (0,29 ± 0.157).
Kata kunci: Hasil belajar, keterampilan metakognisi,PBL
Full Text:
PDFReferences
Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika PMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Arends, R.I. 2008. Learning to Teaching.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ary, G. 2000. Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi Tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, A. 2010. Pengaruh Stratrgi Pembelajaran Reading Ques-tioning And Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan Terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Dasna, I. W. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah. (Online), (http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/19/pembelajaranberbasismasalah/.html, diakses pada tanggal 22 Februari 2018).
Coutinho, S.A. & Neuman, G. 2008. A Model of Metacognition, Achievement Goal Orientation, Learning Style and Self-efficacy. America: Learning Environment Research. 11 (1) :131-151.
Flavell, J. 1987. Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive Developmental Inquiry. America: American Psychologist. 34 (11): 907.
Hadi, A.N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembe-lajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.
In’am, A. 2009. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study Berbasis Metakognisi. Malang: Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.
Karmana, I. W. 2010. Pengaruh Strategi PBL dan Integrasinya dengan STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Mataram. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Livingston, J. A. 1997. Metacognition: Anoverview. America: American Psycologist. 34 (1): 906-911.
Sabilu, M. 2008. Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multi-strategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Sarnapi.2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. (Online), (http://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-indonesia-masih-rendah372187, diakses pada tanggal 22 Februari 2018).
Sastrawati, E., Rusdi. M., dan Syamsyurizal.2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jambi: Tekno-Pedagogi Universitas Jambi. 1 (2): 1-14.
Schraw, G dan Moshman, D. 1995. Metacognitive Theories. Lincoln: Educational Psychology Review University of Nebraska. 7 (4): 354.
Sugiyono. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surkarta: Yuma Pustaka.
Taufiq, M. A. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.